Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dokter Dini: Jangan Suntik Booster Pada Hari Keberangkatan Mudik

Kepala Dinkes Kota Tangerang 
dokter Dini Anggraeni. 
(Foto: Istimewa)  


NET – Meski menjadi syarat mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang meminta agar masyarakat tidak vaksinasi booster pada hari-H keberangkatan. Warga diimbau untuk melakukan booster jauh-jauh hari sebelum keberangkatan di tempat kesehatan terdekat.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dokter Dini Anggraeni menjelaskan jika melakukan vaksinasi pada hari-H keberangkatan mudik, ada kekhawatiran muncul Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping, sehingga mengganggu perjalanan mudik.

“Usai suntik vaksin, ada waktu observasi 30 menit. Kalau dilakukan pada hari-H keberangkatan dengan waktu yang buru-buru, dikhawatirkan tidak terpantau dengan maksimal. Jadi baiknya, dari sekarang jauh-jauh hari sudah booster,” ungkap dokter  Dini Anggraeni kepada wartawan di kantornya, Kamis (28/4/2022).

Dokter Dini menjelaskan proses pembentukan antibodi Covid-19 membutuhkan waktu kurang lebih seminggu setelah vaksinasi. Karena memang, imunitas tidak bisa terbentuk dengan cepat atau instan.

Menurut dokter Dini, hingga saat ini capaian vaksinasi Kota Tangerang untuk dosis satu sudah pada angka 1.626.351 jiwa atau 109,9 persen, dosis dua 1.302.163 jiwa atau 88,0 persen  sedangkan untuk booster 530.462 jiwa atau 35,9 persen.

“Target Kota Tangerang untuk booster masih 500 ribu jiwa lagi. Semoga bisa kian tercapai hingga hari Lebaran atau setelah lebaran nanti. Jelang lebaran capaian vaksinasi harian Kota Tangerang bisa dikatakan meningkat hingga bisa 5 ribu jiwa per harinya,” katanya.

Dokter Dini mengatakan 38 Puskesmas di Kota Tangerang sepanjang libur lebaran akan tetap membuka gerai vaksinasi kecuali Sabtu-Minggu. Tak terkecuali gerai vaksinasi di Tangcity yang juga akan tetap dibuka sepanjang libur panjang lebaran. “Dengan itu, masyarakat akan tetap bisa mengikuti vaksinasi booster pada hari libur lebaran, baik di Puskesmas maupun di Tangcity Mall,” jelas dokter Dini. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments