Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

“Virtual Job Fair, Upaya Pemkot Tangerang Perluas Kesempatan Kerja”

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
membuka Job Fair secara daring. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang kembali menghadirkan Virtual Job Fair Edisi Maret 2022 untuk mengatasi persoalan pengangguran di Kota Tangerang, Kamis (24/3/2022).

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah hadir secara daring menuturkan dalam menangani persoalan pengangguran memerlukan sinergisitas seluruh pihak, baik dari Pemerintah Kota Tangerang, dunia usaha serta pelaku pendidikan. Untuk itu, beliau berpesan kepada pelaku pendidikan agar dapat menciptakan SDM yang handal, kompetitif dan dapat diterima di dunia usaha.

"Saya harap para pengelola lembaga pelatihan, termasuk sekolah dan perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan kurikulum pendidikannya dengan kebutuhan pasar sehingga bisa mencetak SDM yang handal, kompetitif dan bisa diserap oleh dunia usaha," ucap Arief.

Arief menjelaskan dalam meningkatkan kompetensi para pencari kerja, Pemerintah Kota Tangerang rutin mengadakan pelatihan berbasis kompetensi dan kewirausahaan melalui program Balai Latihan Kerja (BLK).

"Tercatat melalui BLK pada tahun 2021, telah melatih 400 peserta dengan berbagai kompetensi yang linier dengan kebutuhan industri sehingga banyak lulusan BLK yang sudah terserap di berbagai perusahaan di Kota Tangerang."

"Bukan hanya itu, Pemerintah Kota Tangerang juga memberikan pelatihan berbasis kewirausahaan bagi warga yang ingin menjadi pengusaha mandiri," tuturnya.

Di samping itu, Arief  menerangkan dalam memperluas kesempatan kerja, Pemerintah Kota Tangerang secara rutin melaksanakan virtual job fair dan job fair kelurahan.

"Selama ini, pelaksanaan virtual job fair dan job fair kelurahan telah menyediakan lebih dari 78.000 lowongan dari 1.384 perusahaan," terang Arief.

Arief menyampaikan apresiasi dan berpesan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tangerang.

"Terima kasih kepada seluruh perusahaan yang ada di Kota Tangerang yang telah berpartisipasi dan terus menjaga harmonisasi hubungan industrial khususnya dengan para pekerja."

"Guna mendukung kemajuan perusahaan dan bangkitnya perekonomian Kota Tangerang maka segera upayakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pekerja," pungkas Arief.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ujang Hendra Gunawan melaporkan pelaksanaan virtual job fair kali ini.

"Pada virtual job fair kali ini terdapat 2.472 lowongan kerja dari 25 perusahaan yang terlibat di Kota Tangerang, sedangkan untuk jumlah formasi jabatan terdapat 79 formasi jabatan dengan kualifikasi pendidikan untuk lulusan strata satu sebanyak 96 lowongan, untuk diploma tiga sebanyak 755 lowongan, untuk SMA/SMK sebanyak 1.611 lowongan dan untuk lulusan SMP sebanyak 10 lowongan," jelas Ujang. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments