Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MTQ Ke-52 Kabupaten Serang, Wagub: Jadikan Ajang Pembentukan Generasi Qur’ani

Wagub Banten Andika Hazrumy 
pada penbukaan MTQ ke52 Serang. 
(Foto: Iatimewa)  




NET - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengatakan melalui peran informasi teknologi yang saat ini sangat signifikan pengaruhnya, penyelenggaraan MTQ Kabupaten Serang hendaknya dapat menjadi ajang pembentukan generasi muda Kabupaten Serang yang Qur’ani.

Hal itu dikatakan Wagub pada pembukaan MTQ ke-52 Kabupaten Serang di Hotel Marbella Anyer, Kabupaten Serang, Senin (28/3/2022) yang dibuka oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Menurut Wagub, siar penyelenggaraan MTQ ke-52 melalui media digital kali ini diharapkan dapat lebih memacu masyarakat khususnya generasi muda untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an.

“Sebagai pedoman hidup untuk menata kehidupan yang lebih baik, secara duniawi maupun ukhrowi,” ujar Andika.

Dengan sungguh-sungguh memahami, menghayati dan mengkaji nilai-nilai kandungan isi Al-Qur’an, kata Andika, hal itu dapat membuat kita melihat bahwa Al-Qur’an telah memberikan dasar pijakan yang menyeluruh bagi manusia untuk menata kehidupannya. Dalam Al-Qur’an terkandung tata nilai yang mencakup seluruh aspek kehidupan dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Andika mengaku berharap penyelenggaraan MTQ tersebut hendaknya tidak sekedar dilaksanakan sebagai suatu rutinitas semata. Namun sungguh-sungguh dimanfaatkan secara optimal sebagai wahana untuk melakukan proses internalisasi dan aktualisasi nilai-nilai ajaran Islam sehingga dapat menjadi modal dasar dan energi pendorong dalam rangka menata kehidupan ke arah yang lebih baik.

“Secara material maupun spiritual, khususnya melalui kegiatan-kegiatan pembangunan yang kita laksanakan,” imbuhnya.

Sebagai sebuah kompetisi, Andika menyebutkan  MTQ Kabupaten Serang kali ini hendaknya dapat menjadi ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan atau fastabiqul khoirot dan menjadi wahana untuk pembinaan kafilah, khususnya qori-qori’ah, hafidz-hafidzoh serta peserta MTQ di cabang-cabang lainnya yang berasal dari Kabupaten Serang.

“MTQ ini harus jadi ajang seleksi bibit-bibit anggota kafilah Kabupaten Serang untuk bisa bertarung pada tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

MTQ ke-52 Kabupaten Serang berlangsung dengan protokol kesehatan ini diikuti sebanyak 1.392 peserta dalam 11 cabang dan 20 golongan yang diperlombakan. Di antaranya Cabang Tilawah, Cabang Tahfidz Al-Qur'an, Cabang tafsir Al-Qur'an, Cabang Qiroatul Qutub, Cabang fahmil Qur'an, Cabang Syahril Qur'an, dan Cabang menulis makalah.

Waktu pelaksanaan yaitu dilakukan mulai pada 28 sampai dengan 31 Maret 2022. Adapun dewan hakim yang terlibat dalam kegiatan tersebut ada 120 orang dan 70 orang petugas makro. Sebagai catatan,seluruh perlombaan MTQ kali ini dilakukan virtual atau tidak diperkenankan ada penonton karena acara disiarkan langsung melalui Zoom dan YouTube. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments