Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jumlah Penumpang Meningkat, Bandara Soetta Tambah Lokasi Tes RT-PCR

Penumpang mendapat pelayanan 
tes RT-PCR dari petugas medis. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan pemanggku kepentingan Bandara Soekarno-Hatta menyepakati mulai pada 28 Maret 2022, lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) di area Kedatangan Internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai.

Sejalan dengan hal ini, kata Agus, pemangku kepentingan di Bandara Soekarno-Hatta melakukan penambahan lokasi/titik pengambilan sampel tes RT-PCR bagi PPLN yang baru tiba agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik dan proses kedatangan internasional berjalan lancar.

“PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point) sesuai Surat Edaran Satgas Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 33/2022,” ujra Agus Haryadi kepada wartawan, Senin (28/3/2022).

Keberadaan lokasi tes RT-PCR di curbside Terminal 3 ini guna mendukung lokasi tes RT-PCR yang berada di dalam area kedatangan internasional Terminal 3.

Adapun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mempersiapkan area tes RT-PCR di curbside ini dengan baik.

“Stakeholder antara lain AP II dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 telah berkoordinasi, mulai 28 Maret terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area Kedatangan Internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3,” ujar Agus Haryadi.

Agus Haryadi menambahkan, “Dengan penambahan lokasi RT-PCR  di curbside, maka kami berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN.”

Khusus untuk PPLN dengan kategori Pelajar, ASN, dan PMI, pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas COVID-19.

Adapun pada 27 Maret 2022, sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional, disebabkan karena peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00 - 17.00 WIB. (*/pur)

 

 

Post a Comment

0 Comments