Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kota Tangerang Terpilih Jadi Kota Percontohan GCom Asia Project 2020-2023

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah. 
(Foto: Istimewa)   


NET - Upaya pencegahan dan menghadapi darurat perubahan iklim menjadi salah satu komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mengantisipasi dampak yang terjadi di lingkungan wilayah Kota Tangerang.

Dengan komitmen tersebut, Pemerintah Kota Tangerang terpilih menjadi salah satu wilayah percontohan dari 4 kabupaten kota di Indonesia oleh Global Covenant of Mayors for Climate and Energy (GCoM) di Asia Tenggara khususnya Indonesia, serta mendapat dukungan asistensi teknis atau pelatihan terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk mengembangkan Climate Action Plan (CAP) atau Rencana Aksi Iklim oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangerang tersebut dibuka oleh Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah secara virtual, Senin, (24/1/2022).

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kesempatan yang diberikan kepada Kota Tangerang sebagai salah satu Kota yang tergabung dalam GCoM Asia Project ini,” ujar Arief.

Arief mengataakan perubahan iklim menjadi isu yang krusial di dunia tak terkecuali Kota Tangerang, sehingga perlu kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak bersama meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

“Salah satunya dengan dicantumkannya indikator penurunan emisi pada RPJMD Kota Tangerang tahun 2019-2023 sebagai upaya untuk mendukung penurunan emisi gas rumah kaca”.

“Begitu juga terdapat 240 kampung proklim tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang yang dikelola langsung oleh masyarakat sebagai upaya menjaga dan melestarikan lingkungannya,” jelas Arief.

Walikota berharap upaya bersama dan dukungan yang diberikan ini bisa menjadi sarana untuk menyamakan persepsi dalam rencana aksi perubahan iklim secara global.

Kegiatan pelatihan tersebut difasilitasi oleh lembaga internasional The United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) sebagai host dari Sekretariat GCoM asia Tenggara serta Center for Climate Risk and Opportunity Management in Southeast Asia Pasific (CCROM SEAP) IPB sebagai narasumber pelatihan tersebut. (*/pur)

 

 

Post a Comment

0 Comments