Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pesona Wisata Kota Tangerang Dituangkan Seniman Mural Di Fly Over Cikokol

Para seniman mural mengerahkan kemampuannya 
untuk membuat yang terbaik untuk Kota Tangerang. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangrang memberikan wadah dan gairah bagi para seniman di Indonesia menggelar lomba mural tingkat Nasional, di sepanjang fly over Cikokol, Kota Tangerang, Sabtu (18/12/2021).

Ada 104 seniman yang mendaftar dengan mengirimkan konsep muralnya. Dari jumlah 24 seniman di antaranya pun terpilih menjadi nominasi dan bersaing untuk menggoreskan karyanya di tembok fly over Cikokol.

Kepala Bidang Pemuda, Dispora, Deni Kuncoro mengungkapkan ini menjadi ajang silaturahmi antar seniman di Indonesia, terlebih setelah sekian lama ajang seniman lukis atau mural tiada karena pandemi Covid-19.

"Mengusung tema Pesona Pariwisata dan Budaya Kota Tangerang. Para seniman bersaing menunjukkan kemampuannya. Banyak gambar icon-icon atau ciri khas Kota Tangerang yang mereka gambar," papar Deni.

Lewat lomba mural ini, kata Deni, diharapkan para seniman dapat merekam keindahan Kota Tangerang. "Sehingga siapa pun yang lewat jalur mural ini, dapat mengetahui keindahan, kekayaan dan keberagaman Kota Tangerang," katanya.

Sementara itu, antusias peserta cukup luar biasa. Pasalnya, peserta atau para seniman hadir dari berbagai daerah. Mulai dari Jabodetabek, Semarang, Bandung, hingga Yogyakarta.

Tohari, salah seorang peserta dari Yogyakarta, menjelaskan konsep mural yang dibawa ialah keberagaman warga Kota Tangerang, sedang naik perahu mengarungi Sungai Cisadane. Mulai dari ondel-ondel yang mewakili suku Betawi, gatot kaca mewakili suku Jawa, cepot suku Sunda, hingga wayang kotehe dari suku Tionghoa.

"Ini menggambarkan bahwa toleransi keberagaman Kota Tangerang sangat kental dan telah ada sejak zaman dulu kala," paparnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments