Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengurus ICMI Kota Tangerang Dikukuhkan, Jazuli Kembali Jadi Ketua

H. Ahmad Jazuli Abdillah tampil 
saat menyampaikan pidato. 
(Foto: Istimewa) 

 

NET - Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organiasi Daerah (Orda) Kota Tangerang periode 2021 – 2026 dikukuhkan oleh Ketua ICMI Orwil Banten Prof. Dr. Lili Romli M Si, di Aula Kampus Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Jalan Syekh Yusuf, Kota Tangerang, Minggu (26/12/2021).

Dalam pengukuhan tersebut, H. Ahmad Jazuli Abdillah yang juga anggota DPRD Provinsi Banten, kembali ditetapkan sebagai Ketua  ICMI Orda Kota Tangerang periode 2021 – 2026.

Prof Lili Romli mengatakan ICMI Kota Tangerang banyak hal yang sudah dilakukan oleh pengurus. Bahkan apa yang sudah dilakukan ICMI Kota Tangerang dapat mengalahkan ICMI Orwil Banten.

“Dua kosong ICMI Orwil Banten dikalahkan. Satu yakni memberikan award (penghargaan) kepada orang yang berjasa dalam bidang keahlian untuk suatu lingkungan. Kedua, pengurus ICMI Kota Tangerang membuat dan menerbitkan buku dengan jumlah cukup banyak,” ucap Lili Romli.

Sementara ICMI Orwil Banten, kata Lili Romli, membuat satu buku. Buku ini merupakan rangkuman dari laporan atau tulisan dari pengurus.  

Ketua Umum Pusat ICMI  Prof Dr. Arif Satria yang juga Rektor Institur Pertanian Bogor (IPB) mengatakan andalan ICMI saat ini adalah daerah, dan ujung tombak ICMI itu ada didaerah.

“Sekarang kita akan fokus pada bagaimana memberdayakan Organisasi wilayah (Orwil) dan Organisasi daerah (Orda) yang ada untuk jadi ujung tombak program-program ICMI,” ujarnya.

Prof Arif Satria menjelaskan program yang utama adalah Solusi Bangsa dan ICMI diharapkan akan semakin eksis keberadaannya oleh masyarakat. ICMI nantinya lebih menonjolkan Kecendikiawanannya.

“ICMI itu yang tidak boleh meratapi masalah, tidak boleh meratapi kegelapan. Yang harus kita lakukan adalah menyalakan lilin untuk bisa menerangi dan memberi solusi. Sebab tugas dari seorang cendikiawan adalah mencerahkan,” tutur Prof Arif.

Seusai pengukuhan, Ahmad Jazuli Abdillah mengatakan organisasi ICMI hadir sebagai pencerahan di tengah kompleksitas kehidupan masyarakat. ICMI Kota Tangerang, memberikan apresiasi kepada penulis buku yang karyanya menjadi inspirasi bagi masyarakat.

Pengurus yang hari ini dilantik terdiri atas para pekerja sosial, pegiat lingkungan, orang yang aktif dalam keagamaan, pendidik dan nakes yang membantu masyarakat berobat tanpa pamrih.

“Kami mencari dan mendata sejumlah masyarakat yang bekerja tanpa diketahui orang banyak. Mereka kerjanya ikhlas tidak mesti ramai diketahui orang. Padahal yang dikerjakannya sangat terasa di tengah masyarakat. Kita harus apresiasi dengan award,” ujar Jazuli.

Banyak kelompok atau organisasi yang tumbuh di Kota Tangerang, kata Jazuli, ICMI tidak hadir sebagai buntut cicak. Tetapi ICMI Kota Tangerang harus memberikan solusi bagi daerah dan bagi pembangunan, mencerdaskan masyarakat ditengah kehidupan yang serba modern saat ini.

“ICMI bukan sebagai Organisasi ikut-ikutan seperti ekor cicak yang selalu mengekor, seorang cendikiawan harus hadir sebagai pemberi solusi,” ujar anggota DPRD Banten Fraksi Demokrat itu.

Hadir dalam pengukuhan Ketua Umun Pusat ICMI Prof Dr Arif Satria, Prof Dr Lili Romli - Ketua ICMI Orwil Provinsi Banten, Dr Susari - Dewan Pembina Orda ICMI Kota Tangerang, Rektor UMT Dr. Amarullah. Hadir pula dari unsur MUI, DMI, Muhamadiyah, NU, BPJS Kesehatan, Kemenag, PDM, Himpaudi, KAHMI, HMI, KPU Kota Tangerang, Bawaslu Kota Tangerang dan sejumlah Ormas. (*/rls)

Post a Comment

0 Comments