Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Banten: Zakat Mampu Berdayakan Masyarakat

Gubernur Banten H. Wahidin Halim. 
(Foto: Dok/TangerangNet.Com)  



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) mengungkapkan penyaluran zakat dalam usaha produktif mampu berdayakan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Gubernur WH pada sambutan yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Banten Septo Kalnadi dalam Milad Ke-19 Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Banten di Hotel Horison Ultima Ratu, Jalan KH Abdul Hadi No. 66, Kota Serang, Selasa (21/12/2021).

Milad dengan tema "Zakat Kuat Umat Sehat" itu, melalui Septo, Gubernur WH ucapkan Selamat Milad ke-19 Baznas Provinsi Banten.

"Semoga menjadi pengelola zakat yang terbaik dan terpercaya," ungkapnya.

Dikatakan, untuk penanggulangan kemiskinan ada dana zakat yang berkah dan tanpa bunga. Penyaluran zakat untuk usaha produktif mampu memberdayakan masyarakat dan berdampak langsung kepada para mustahik.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Provinsi Banten Prof E Syibli Sarjaya mengungkapkan Milad Baznas Provinsi Banten diperingati pada setiap pada 2 Desember yaitu tanggal di mana Bazda Provinsi Banten dikukuhkan oleh Gubernur Banten 2002.

"Baznas Provinsi Banten dikukuhkan Gubernur pada 1 Oktober 2015," ungkapnya.

Dikatakan, Baznas Provinsi Banten pada 2021 telah mengumpulkan dana Rp 21.693.107.500 atau mencapai 116 persen. Untuk Baznas se-Provinsi Banten, pada 2021 terkumpul dana Rp 157,7 miliar

Untuk distribusi, kata Prof Syibli, Baznas Provinsi Banten sudah distribusikan dana Rp 17,529 miliar.

Dijelaskan, distribusi Baznas Provinsi Banten melalui program Z Mart untuk warung/toko mustahik, pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, lembaga pendidikan keagamaan, bantuan masjid dan mushola, bedah rumah tidak layak huni, santunan stimulan lansia, operasi katarak, alat kesehatan disabilitas, bantuan insidentil pendidikan mahasiswa, bantuan stimulan SMA, rumah pintar, serta beasiswa 1 keluarga 1 sarjana (SKSS).

Acara dihadiri oleh Komisioner Baznas Pusat Dr Zainul Bahar Nur, Forkopimda Provinsi Banten, serta tamu undangan. (*rls)

 


 

Post a Comment

0 Comments