Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ingin Jadi Anggota Polri, Ayo Daftar Di Polda Banten

Ilustrasi pelaksanaan ujian seleksi calon
anggota Polri.
(Foto: Istimewa)  


NET - Polda Banten membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Indonesia untuk mengikuti seleksi Bintara Polri Proaktif tahun anggaran 2022. Dalam rekrutmen ini terdapat tiga kategori, yakni affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.

Karo SDM Polda Banten Kombes Polisi  Arif Fajarudin, Kamis (11/11/2021) menjelaskan kategori affirmative action (tindakan penguatan) adalah suatu kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proposional dalam rangka rekrutmen pendidikan pembentukan calon Bintara Polri yang berkualitas dan berkeadilan bagi putra atau putri dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sumber rekrutmen pendidikan Bintara Polri yang berasal dari Kategori affirmative action yaitu dari pulau-pulau kecil terluar atau wilayah perbatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, wilayah atau suku pedalaman yang bercirikan masih menetap atau tinggal pada suatu daerah terpencil,” ujar Arief.

Arif menyebutkan atau pedalaman di hutan, gunung, laut dan pesisir pantai yang menggantungkan hidupnya dari sumber daya alam dan masih menjunjung tinggi kepercayaan, kearifan lokal, adat istiadat dan budaya yang berlaku di daerah tersebut. Penetapannya sebagai wilayah atau suku pedalaman dengan keputusan Kapolri dan pulau terpencil berpenghuni yang kriteria dan penetapannya dengan keputusan kapolri.

Arif Fajarudin menyampaikan kategori affirmative action calon Bintara Polri dengan syarat penduduk asli, yang berdomisili di daerah tersebut dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Bukan penduduk asli, yang berdomisili di daerah tersebut paling singkat 3 tahun terhitung pada saat dibuka pendidikan pembentukan Bintara Polri, yang dibuktikan dengan KTP atau KK atau ijazah/rapor mulai kelas X, XI, XII sekolah di daerah tersebut. Bintara yang lulus dan telah melaksanakan pendidikan akan ditempatkan  kembali ke daerah asal sesuai persyaratan domisili pada saat mendaftar melalui kategori Affirmative Action.

Sedangkan kategori talent scouting (pencarian bakat), kata Arif, adalah proses pencarian dan pemanduan calon anggotaPolri yang memiliki bakat khusus, minat dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik atau prestasi non akademik.

"Prestasi akademik meliputi juara olimpiade sains tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. Prestasi non-akademik di antaranya juara bidang olahraga tingkat provinsi, nasional dan internasional. Juara Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ),” ucap Arif.

Selain itu, kata Arief, jambore nasional agama Hindu dan sippa darmma samajja agama Buddha tingkat provinsi nasional dan internasional. Termasuk di antaranya hafidz Quran dan memahami tafsir Quran. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.

Arif Fajarudin menjelaskan sedangkan kategori penghargaan diberikan anak kandung anggota Polri dengan persyaratan orang tua gugur atau tewas atau hilang atau cacat tingkat III dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan dengan Keputusan Kapolri, memiliki tanda kehormatan paling rendah Bintang Bhayangkara Nararya.

Tahapan Rekrutment Calon rekrutmen proaktif dalam penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran

2022 meliputi: persiapan, sosialisasi, pendataan, pemetaan (pemeriksaan dan penelusuran), pengiriman data calon peserta, verifikasi calon peserta, penetapan calon peserta, pelaksanaan pembinaan pelatihan, pelaksanaan seleksi dan pengumuman kelulusan.

"Batas waktu pendataan, seleksi, pemetaan dan perekrutan di  Pabanrim atau Panda sampai ditetapkan calon rekrutmen proaktif untuk diikutkan pembinaan pelatihan yaitu 3 bulan sebelum keluarnya Keputusan Kapolri mengenai penerimaan terpadu anggota Polri," ujar Arif Fajarudin.

Arif Fajarudin menjelaskan peserta selanjutnya ditetapkan sebagai peserta didik dan mengikuti pendidikan pembentukan Polri di SPN Polda/Sepolwan selama tujuh bulan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengajak kepada masyarakat yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi mendaftarkan diri menjadi Bintara Polri Proaktif 2022.

 "Pelaksanaan rekrutmen ini prinsip BETAH dan menginformasikan bila terdapat permasalahan dalam pel aksanaan seleksi ke ketua panitia," ucap Shinto Silitonga. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments