Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menkumham Salut Gerak Cepat Kerja BPBD Padamkan Kebakaran Di Lapas

Menkumham Yasonna Laoly (tengah) 
saat menjawab pertanyaan wartawan. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly turut berbela sungkawa atas kebakaran yang terjadi di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang, pada Rabu, (8/9/2021). Kebakaran terjadi pada dini hari di Blok C-2 dengan menelan 41 korban jiwa meninggal dan 81 selamat.

“Saya turut berbela sungkawa atas peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang pada pukul 01:45 pagi tadi. Dugaan sementara dan masih dalam proses identifikasi, kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik,” ujar Loly saat konferensi pers di Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Dalam hal penanganan, Yasonna Laoly turut mengeapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, khususnya Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Tangerang yang sigap melakukan pemadaman sesaat setelah menerima laporan.

“Terima kasih kepada pihak Pemkot Tangerang yang telah memberikan respon dengan cepat. Hanya butuh waktu 13 menit untuk petugas pemadam sampai di lokasi dan melakukan pemadaman,” ujarnya.

Di kesempatan berbeda, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang Ghufron Falfelli menyebutkan sebanyak 12 unit kendaraan pemadam dan 65 personil diturunkan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi peristiwa. Walaupun akses masuk lapas tidak mudah untuk dilalui. Namun para petugas berhasil menguasai titik api berkat koordinasi yang baik dengan para petugas lapas.

“Seperti yang kita ketahui, akses masuk ke dalam lapas itu sangat sulit dan tidak mudah untuk dilalui semua orang. Namun dengan adanya koordinasi dengan pihak Lapas, kami dapat melakukan pemadaman kurang dari satu jam,” ujar Ghufron.

Sebagai informasi, penanganan kasus kebakaran Lapas Klas 1  Dewasa, Kota Tangerang terdiri atas beberapa tim, yang di antaranya tim identifikasi, tim pemulasaran pemakaman, tim pemulihan keluarga, tim urusan stakeholder dan tim humas. Untuk para keluarga korban maupun penghuni lapas yang membutuhkan informasi dapat mengunjungi ruang crisis center yang berada di depan Lapas Klas 1 Dewasa, Kota Tangerang. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments