Hindari Mutasi Virus Covid-19, Ketua BSMI Pandeglang Ajak Masyarakat Tingkatkan Prokes

Baca Juga

Dokter Achmad Chubaes peragakan  
penggunaan maskes berlapis. 
(Foto: Istimewa)   



NET -  Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Pandeglang dokter Achmad Chubaesy Y, Sp. KFR, M.Kes mengajak kepada seluruh masyarakat agar meningkatan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

"Mari terus perketat Prokes, jalani hidup bersih dan sehat rutinkan berolahraga dan makan makanan dengan gizi seimbang serta istirahat yang cukup," ujar dokter Chubes di kediaman di Pandeglang, Minggu (6/6/2021).

Sebagai dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, yang akrab disapa dokter Chubes ini mengatakan penerapan Prokes adalah salah satu kunci paling penting, dalam usaha kita bersama menyelesaikan tantangan pandemi Covid-19 yang sampai hari ini masih belum selesai. “Saya akan berbagi tips mengupgrade prokes agar kita lebih aman ketika harus terpaksa ke luar rumah atau saat ada kegiatan," tuturnya.

Yang pertama, jelas dokter Chubes, dengan double masker, yaitu masker bedah dengan masker kain. Kenapa harus double? Karena menurut penelitian, masker bedah dapat memblok 56,1 persen virus dan masker kain yang sesuai standar tentunya dapat memblok 51,4 persen.

"Dan ketika disatukan masker bedah yang dikencangkan dan diikat double dengan masker kain akan memblok sekitar 85,4 persen virus. Tapi jika kita pakai masker N-95 tidak perlu double ya," jelas dokter yang juga Kepala Humas rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang.

Selanjutnya, kata dokter Chubes, usahakan rutin berolahraga, karena tidak ada waktu yang paling tepat untuk berolahraga (saat pandemi-red), kecuali ketika kita melaksanakannya dan menyempatkannya.

"Terakhir adalah hindari stress dengan perbanyak dzikir pada Yang Maha Melindungi. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang Maha Esa," ucap dokter Chubes. (*/pur)  

Post a Comment

0 Comments