Asrama Haji Di Kota Tangerang, Mudahkan Jemaah Asal Banten

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Pemerintah Kota Tangerang terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Agama Republik Indonesia terkait rencana pembangunan asrama haji di wilayah Kota Tangerang.

"Kami paparkan beberapa opsi lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan asrama haji," ungkap Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam rapat bersama yang diikuti oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nizar Ali, Jumat (9/4/2021).

Arief R. Wismansyah mengikuti rapat yang digelar secara daring bersama dengan perwakilan dari Kementerian Agama RI sebagai tindak lanjut dari sejumlah pertemuan yang sebelumnya diselenggarakan.

Arief menjabarkan dengan adanya asrama haji di Kota Tangerang akan memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan baik bagi Kemenag selaku penyelenggara maupun bagi jamaah haji. Selain itu, nantinya akan menjadi asrama haji pertama yang ada di Provinsi Banten.

"Jarak ke Bandara Soekarno Hatta lebih dekat, sehingga akan lebih efektif dan efisien," jelasnya.

Arief menjelaskan jamaah haji asal Banten juga diuntungkan karena tidak perlu ke Pondok Gede, Jakarta Timur, sebelum ke Bandara Soekarno Hatta.

"Kasihan yang sudah sepuh, karena pasti ingin langsung bertemu keluarga," tuturnya.

Walikota meminta kepada Kemenag RI untuk dapat berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan dan Angkasa Pura II agar proses penyerahan aset bisa segera rampung.

"Karena sebagian lahan statusnya milik Kemenkes dan AP II," ungkap Arief.

Atas saran tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menyebutkan pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil pembahasan yang telah dilakukan untuk dialokasikan pada anggaran tahun 2022 serta melakukan komunikasi dengan Kementerian Kesehatan dan Angkasa Pura II.

"Selama sesuai dengan syarat dalam regulasi seperti luas area, jarak tempuh dan fungsi," jelasnya.

Nizar mengatakan unsur lain yang penting adalah bagaimana gedung asrama haji yang nantinya usai dibangun dapat bermanfaat dan memiliki nilai lebih bagi masyarakat.

"Bisa dimanfatkan untuk urusan rapat dan juga untuk jamaah umroh. Selain itu, bisa memajukan pereknomian warga kota Tangerang," pungkas Sekjen Kemenag. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments