Cegah Penyebaran Kasus Covid-19, Wisatawan Kepulauan Seribu Wajib Rapid Test

Baca Juga

Wisatawan ikut rapid test dilakukan oleh 
para medis secara bergantian. 
(Foto: Istimewa)   



NET - Salah satu cara Polres Kepulauan Seribu mencegah penyebaran dan menekan angka kasus Covid-19 di Kepulauan Seribu dengan melakukan kegiatan Rapid Tes gratis kepada warga dan wisatawan yang akan ke Pulau Seribu di Dermaga Keberangkatan dan Dermaga Kedatangan.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag Sumda) Polres Kepulauan Seribu Kompol Nur Jannah mengatakan para warga dan wisatawan yang akan ke Pulau Seribu wajib menunjukkan surat atau bukti sah. Bahwa dirinya sudah dirapid atau swab dan dinyatakan non-reaktif atau negatif bila tidak dapat menunjukkan maka kita lakukan rapid tes gratis di tempat.

"Bukan saja di Dermaga Keberangkatan yang ada di wilayah daratan, akan tetapi kegiatan rapid tes gratis juga diadakan di Dermaga Kedatangan yang ada di pulau-pulau. Kita lakukan rapid tes gratis di empat titik dermaga keberangkatan. Bila ada warga dan wisatawan yang belum dirapid saat akan berangkat maka di dermaga kedatangan yang ada di pulau-pulau akan dilakukan rapid tes oleh Polsek jajaran," tutur Nur Jannah, Sabtu (6/3/2021), saat acara kegiatan.

Tercatat, warga dan wisatawan yang akan ke Pulau Seribu melalui Dermaga Keberangkatan Marina Ancol ada 229 orang. Rinciannya 211 orang dilakukan rapid tes gratis sedangkan 18 orang tidak dilakukan rapid tes karena dapat menunjukkan surat keterangan rapid/swab yang masih berlaku.

Nur Jannah mengungkapkan di Dermaga Keberangkatan Marina Ancol hari ini dilakukan rapid tes gratis kepada 211 warga dan wisatawan yang akan ke pulau, dari 211 orang di antaranya 210 dinyatakan non reaktif dan 1 dinyatakan reaktif. Bagi yang non reaktif dipersilahkan melanjutkan perjalanannya sedangkan yang reaktif kita koordinasikan ke Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu untuk dilakukan swab PCR. (dade)

 

Post a comment

0 Comments