Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kabupaten Tangerang Mendekati Zona Hijau Penyebaran Covid-19 Di Banten

Peta zona Covid-19 Provinsi Banten.
(Foto: Istimewa)


NET - Pemerintah Kabupaten Tangerang masuk zona kuning sebelumnya di zona orange berdasarkan peta penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten pada 16 Februari 2021. Upaya menuju zona hijau masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dokter Hj. Desiriana Dinardianti, MARS kepada awak media, Rabu (17/2/2021) mengatakan sejak dilakukan penerapan PPKM Mikro pada 9 Februari 2021, Kabupaten Tangerang mulai Selasa (16/2/2021) dinyatakan daerah zona kuning penyebaran Corona di Provinsi Banten

"Zona kuning penyebaran Covid ini di Banten hanya Kabupaten Tangerang yang sebelumnya zona orange," ujar Desy.

Zona kuning di Kabupaten Tangerang sendiri baru pertama kali sejak diberlakukannya zonasi berdasarkan tingkat kedaruratan yang digambarkan menggunakan warna merah, orange, kuning, dan hijau.

Dokter Hj Desiriana Dinardianti mengingatkan  meski Kabupaten Tangerang masuk zona kuning tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) yaitu 4-M menggunakan masker, mencuci tangan di air yang mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Propinsi Banten pada 16 Februari 2021, Kabupaten Tangerang, Kontak Erat ( KE ) 21.435, Kontak Saspek (KS) 3.970 dan Kontak Probable (KP) 2 kasus, sedangkan yang masih di rawat 461, sembuh 6.778, dan yang meninggal 170 kasus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menjelaskan ada pergeseran data zona kedaruratan COVID-19 di delapan kabupaten kota Banten.

Minggu sebelumnya zona kuning Kabupaten Serang, saat ini beralih ke Kabupaten Tangerang, sedangkan kabupaten/ kota yang masih zona orange yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Menurutnya, dikatakan zona kuning kalau kasusnya 1-5 ditemukan dalam satu RT, kalau zona oranye 6-10 dan di atas 10 itu sudah zona merah.

Untuk penambahan kasus, per tanggal 16 Februari 2921, di Provinsi Banten, tercatat ada penambahan 263 pasien. Jumlah kasus yang masih di rawat 3.284 pasien.

Sejak pandemi, di Banten total kasus tercatat 32.830 kasus, tingkat kesembuhan pasien mencapai 28.634 orang dan meninggal 912 orang. (bah)

Post a Comment

0 Comments