Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PUPR Targetkan Perbaikan Jalan Marsekal Suryadarma Ali Tuntas Semester Pertama

Sejumlah pekerja melakukan perbaikan jalan 
rusak untuk memberikan kenyamanan.  
(Foto: Istimewa)  




NET - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang menargetkan perbaikan empat ruas jalan kota termasuk Jalan Marsekal Suryadarma Ali selesai diperbaiki pada semester pertama 2021. Meskipun sekarang pihak PUPR sudah melakukan perbaikan sementara untuk ruas jalan kota yang rusak.

Kabid Bina Marga Shandy Sulaiman mengungkapkan awal 2021 ini PUPR tengah fokus menangani empat ruas jalan rusak, dengan panjang 3,203 kilometer, Kamis (14/01.21), saat ditemui di ruang kerjanya.

“Saat ini, kami lakukan penanganan perbaikan sementara. Februari, kami akan segera memulai proses lelang, Maret ke luar pemenangnya. Insya Allah langsung dikerjakan. Targetnya, Juni mendatang perbaikan jalan yang menjadi ranah PUPR selesai," ungkap Shandy.

Sandi menerangkan ruas jalan kota yang rusak tersebut sebagian akibat dari adanya pembangunan proyek strategis nasional, yakni proyek tersebut memanfaatkan jalan kota untuk mobilitas kendaraan berata mereka.

"Tak bisa dipungkiri, mobilitas alat berat melewati ruas-ruas jalan Kota Tangerang setiap harinya masih berlangsung hingga saat ini,” tutur Shandy.

Diketahui, ada 16 ruas jalan kota yang terdampak proyek strategis nasional dengan panjang 59,8 kilometer dan 20,7 kilometer di antaranya mengalami rusak parah dan ringan. Seperti pembangunan Rel KA Bandara, pembangunan JORR 2, perluasan runway 3 dan east cross bandara.

Shandy mengungkapkan dalam proses perbaikannya, dibagi menjadi tiga bagian. Di antaranya, PUPR menggunakan APBD 2021 yang dalam hal ini menangani empat ruas jalan, dengan total 3,203 kilometer yaitu, Jalan Ir. Juanda, Jalan Lio Baru, Jalan Pembangunan 3, dan Jalan Marsekal Suryadharma. Sementara itu, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku penanggung jawab proyek, menangani 11,957 kilometer ruas jalan rusak.

“Hingga saat ini, JKC baru mengerjakan 2 kilometer dan tersisa 9,8 kilometer yang masih dalam tanggungjawabnya. Sedangkan untuk sisanya yaitu 7,7 kilometer, Pemkot Tangerang sudah berkirim surat kepada Menteri PUPR dan Kantor Sekretariat Presiden, untuk mengajukan permohonan rehabilitasi ruas jalan kota, pasca kontruksi proyek strategis nasional,” katanya.

Sandi menjelaskan saat ini PUPR tengah melakukan perbaikan sementara. Menurunkan hampir 100 petugas, untuk melakukan operasional dan pemeliharaan jalan rusak, yang sifatnya penanganan sementara. “Perbaikan sementara ini sifatnya sementara, sambil menunggu proses lelang yang wajib kita lalui. Terpenting, dengan perbaikan sementara ini, dapat mengurangi risiko jalan rusak, dan tentunya beri kenyamanan saat berkendara,” papar Shandy.

Shandy mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk tetap bersabar. Pasalnya, hingga saat ini PUPR terus bergerak untuk mempercepat proses perbaikan jalan rusak.

"Pemerintah tidak tinggal diam, yang menjadi ranah kami semua sedang dalam proses. Sedangkan yang lainnya, kami terus berkoordinasi untuk dipercepat dilakukan perbaikan secara bersamaan,” ucapnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments