Aksi Bersih-Bersih Laut Sat Polair Di Perairan Teluk Jakarta Kepulauan Seribu

Baca Juga


Kegiatan membersihkan sampah di laut.  
(Foto: Istimewa)   




NET - Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Korps Polairud tahun 2020, Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Kepulauan Seribu melakukan aksi bersih-bersih laut di Perairan Teluk Jakarta Kepulauan Seribu. Aksi bersih-bersih laut yang menggunakan Kapal Patroli Polisi KP-VII-40-301 dengan kekuatan 8 personel berlayar untuk melakukan pengambilan sampah.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu IPTU Kuswinarno mengatakan sampah yang berada di atas laut kemudian diambil dengan menggunakan jaring dan dikumpulkan serta dipindahkan pada kapal penimbun sampah milik Pemda Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Bahwa aksi bersih-bersih laut ini merupakan aksi kepedulian terhadap lingkungan dengan banyaknya sampah di Teluk Jakarta terutama sampah plastik," ujar Kuswinarno, Kamis (19/11/2020).

Dari hasil bersih-bersih laut, didapati sampah plastik mendominasi terutama plastik sekali pakai. Ini tentu berbahaya bagi kesehatan biota laut mengingat bahwa sampah plastik dan styrofoam memerlukan waktu yang lama untuk bisa terurai.

"Satpolair Polres Kepulauan Seribu yang dipimpinnya sejak pagi melakukan aksi bersih laut di perairan Teluk Jakarta dalam rangka HUT Ke-70 Korps Polairud tahun 2020 yang jatuh pada 1 Desember mendatang," ujarnya.

Kuswinarno mengungkapkan kegiatan bersih laut yang dilakukan selain dalam rangka HUT Polair Ke-70, juga sebagai upaya menjaga kelestarian alam sebagai sumber kehidupan.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond berharap dengan usia yang Ke-70 semoga Polair Semakin Jaya dan semakin dicintai masyarakat. "Semoga Korp Polairud semakin profesional dalam mengemban fungsi dan tugas ke depan, semakin berguna dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara serta semakin dicintai masyarakat," tutur Ermond. (dade)

 

  

Post a comment

0 Comments