Meski Pandemi Covid-19, Pembangunan Jalan Cibadak-Tigaraksa Dilanjutkan

Baca Juga

 

Sejumlah pekerja sedang mengerjakan 
peningkatan Jalan Cibadak-Tigaraksa. 
(Foto: Istimewa)  




NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melanjutkan pembangunan peningkatan Jalan Cibadak-Tigaraksa dan membangun drainasi air, dengan anggaran Rp 1.520 miliar pada APBD TA 2020.

Pekerjaan tersebut, mulai dari perkerasan jalan/betonisasi dan drainase 66 meter, dengan lebar jalan 10,5 meter, luas masing-masing saluran air / drainase 1,25 meter (kiri dan kanan) bahu jalan.

Kabid Kebinamargaan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Endang Sukendar, Selasa (29/9/2020) menjelaskan pembangunan peningkatan Jalan Cibadak-Tigaraksai ini merupakan lanjutan pembangunan pada 2019.

Pembangunan Jalan Cibadak -Tigaraksa pada 2019 telah dilakukan sepanjang 1.237 meter dan pelebaran 1,5 meter di sisi kiri dan kanan, merupakan kegiatan pelebaran jalan, dari pertigaan Polsek Tigaraksa ke arah Jalan Nasional (Jalan Raya Serang).

Pembangunan saluran air dan tahun 2020 dilakukan pada simpang yang berbatasan langsung dengan Jalan Raya Serang.

"Lokasi betonisasi jalan dari pertigaan Cibadak yang berbatasan dengan Jalan Raya Serang sejauh 66 meter ke arah Pabrik PT Surya Toto, pekerjaan dilaksanakan secara bertahap, diprioritaskan pada titik kritis kebutuhan perbaikan," ujar Endang.

Selain itu, kata Endang, untuk mengurangi penumpukan kendaraan perbaikan gorong-gorong juga dimaksudkan untuk menanggulangi genangan air pada badan jalan tersebut yang dikarenakan kondisi gorong-gorong yang sudah tidak baik.

"Pembangunan Jalan Cibadak-Tigaraksa tersebut selesai pada 22 Desember 2020, dan saat ini pekerjaan sudah memasuki Minggu ketiga dan telah mencapai progres kurang lebih 4,31 persen," tutur Endang.

"Kami tetap akan meneruskan pembangunan tersebut pada tahun depan untuk memenuhi kebutuhan antara kapasitas badan jalan dan volume kendaraan," ujarnya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budhi menjelaskan meskipun situasi saat ini sedang berada di pandemi Covid-19 akan tetapi Pemerintah Kabupaten Tangerang khususnya Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA)  terus melakukan pembangunan fisik.

"Saat ini, kami sedang melakukan betonisasi dan normalisasi serta pelebaran drainase / gorong-gorong. Ini merupakan bagian dari kegiatan lanjutan peningkatan Jalan Cibadak - Tigaraksa, dan pembangunan ini menggunakan APBD 2020. Pada tahun sebelumnya (2019) sudah dilakukan hal serupa," ungkap Budhi.

Menurutnya, drainase yang ada di Jalan Cibadak - Tigaraksa sebagian perlu dinormalisasi karena sering menimbulkan genangan air apabila curah hujan tinggi dan juga jalan tersebut padat dengan volume kendaran yang tinggi jadi sudah selayaknya dilakukan pelebaran dan normalisasi baik drainase maupun badan jalan.

Kadis berharap pembangunan jalan itu  diharapkan dapat mengurai kemacetan, serta mengurangi kepadatan kendaraan, dan juga sebagai jalur alternatif menuju stasiun, atau pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang. (bah)

 

Post a comment

0 Comments