Lindungi Konsumen, Pemkot Tangerang Operasi Uji Tera Timbangan Pedagang

Baca Juga

Petugas UPT Metrologi memeriksa
timbangan digital tentang akurasi.
(Foto: Informasi)





NET - Pemerintah Kota Tangerang melalui Disperindagkop UKM bersama UPT Metrologi Legal Kota Tangerang, menggelar uji tera pedagang, salah satunya di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Rabu (16/9/2020).

"Ini kegiatan rutin Disperindagkop UKM setiap satu tahun sekali. Kami turunkan dua tim, pengujian akan berlangsung tiga hari dengan target ribuan pedagang," ungkap Kepala UPT Metrologi Legal, Kota Tangerang Husein.

Husein mengungkapkan pengecekan keakuratan timbangan pedagang dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari timbangan duduk, digital, gantung, hingga timbangan neraca untuk toko emas.

"Pedagang yang sudah dilakukan uji tera akan mendapatkan label khusus, yang dapat dilihat para konsumen. Sehingga, konsumen dan pedagang bisa sama-sama mendapat kepercayaan dalam aktivitas berniaga," jelasnya.

Sementara itu, para konsumen  merespon positif pelaksanaan uji timbangan pedagang. Firman, salah seorang pedagang emas mengungkapkan setiap kali ada operasi tera, pasti mengikuti uji tera.

"Kalau saya pribadi mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkot hari ini. Terlebih dengan ini, kita pedagang bisa membuktikan secara tertulis terkait keakuratan timbangan yang kita gunakan. Begitu juga keamanan konsumen," tutur Firman.

Diharapkan, dengan uji tera ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan penggunaan alat ukur perdagangan sehingga Kota Tangerang bisa menjadi kota tertib ukur. (*/pur)

Post a comment

0 Comments