Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masjid Baitul Hikmah Nusaloka BSD, Hewan Qurban Bertambah Saat Pandemi


Panitia qurban di antara hewan yang dipotong.
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com) 


NET - Ada keberkahan dirasakan oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Hikmah Nusaloka BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada masa Pandemi Covid-19, justru panitia penyembelihan hewan qurban  mengalami peningkatan jumlah hewan yang diterima.

"Alhamdulillah pada pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini panitia penyembelihan hewan qurban justru mengalami peningkatan penerimaan jumlah hewan qurban. Itu artinya, insya Alloh kepercayaan para jamaah kepada pengurus DKM Baitul Hikmah terus mengalami peningakatan setiap saat," ujar Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1441 Hijriah Masjid Baitul Hikmah Nusaloka BSD H. Taufiq Yulianto, Sabtu (1/8/2020).

Ditambahkan oleh H. Taufiq,  seluruh hewan qurban yang masuk kepada panitia hewan telah melalui pemeriksaan kesehatan yang sangat ketat dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tangsel dan dari tim kesehatan Kelurahan Mekar Jaya, Serpong.

"Seluruh hewan qurban, kami telah pastikan sehat dan layak untuk disembelih sebagai hewan qurban. Total hewan kurban yang diterima oleh pihak panitia adalah 60 ekor yang terdiri atas 19 ekor sapi serta 41 ekor kambing. Dan dari jumlah hewan kurban tersebut meningkat 10 persen, dan panitia akan membaginya menjadi 2.700 kantung paket daging qurban," ucap Taufiq.

Hal senada disampaikan oleh Ustadz H. Suradi selaku Ketua Umum DKM Masjid Baitul Hikmah Nusaloka BSD. Kepada TangerangNet.Com pada Sabtu (1/8/2020), di lokasi pemotongan hewan qurban di halaman belakag Madjid Baitul Hikmah, Ustadz Suradi menjelaskan dalam dua hari terakhir ini yaitu pada 31 Juli dan 1 Agustus 2020 ada dua momen penting yang dilaksanakan oleh DKM  Baitul Hikmah Nusaloka BSD.

Suradi mengatakan yang pertama adalah pelaksanaan sholat Idul Adha yang dilaksanakan di ruang terbuka yaitu dijalan depan bekas Rumah Sakit Dalima Nusaloka BSD. Dan yang kedua adalah pelaksanan penyembelihan hewan qurban di dalam lingkungam masjid Baitul Hikmah pada hari ini, Sabtu (1/8/2020).

Dalam pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini yang bertindak sebagai Khotib dan Imam adalah Ustadz DR. Haikal Hassan dengan topik khutbah "Ibrah dan Hikmah Qurban Untuk Kemaslahatan Umat". Dan yang bertindak sebagai Imam adalah Ustadz Ahmad Jumhur. Dan kegiatan sholat Idul Adha 1441 hijriah di Masjid Baitul Hikmah kali ini berlangsung pada masa Pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dan pemotonga hewan kurban tersebut, menurut Ustadz Suradi, merupakan implementasi dari sosial responsibility (kepedulian sosial) kepada masyarakat sekitar masjid yang merupakan bagian dari program 3S DKM Masjid Baitul Hikmah, yaitu Strong Carakter, Syariah Interprener dan Sosial Responsibility.

"Nah, ini neh menurut saya sangat bagus sekali. Jarang di area masjid ada Cafe Kopi seperti di Masjid Baitul Hikmah seperti ini. Ini namanya fungsi masjid yang menggerakkan ekonomi umat.  Selain Sembako, tempat Cafe Kopi merupakan salah satu segmen yang cukup besar menyerap perputaran uang di masyarakat. Ini perlu ditiru oleh masjid lainnya di Indonesia," ujar Ustadz Haikal Hassan, sambil kepalanya manggut-manggut mengagumi keberadaan Cafe Kopi di Masjid Baitul Hikmah.

"Indah nian kain kebaya, dipake orang untuk ke pesta. Hari ini, kami sungguh bahagia, jumpa dengan Ustadz Haikal yang selalu ceria," tutur Suradi berpantun membalas pujian Ustad Haikal.

Ustadz Haikal Hassan tidak mau tinggal diam, dengan cepatnya Ustadz kondang yang dikenal secara nasional sebagai pembela umat Islam tersebut langsung melancarkan serangan baliknya kepada Ustadz Suradi.

"Asap dapur pintunye terbuka, tercium sedap si ikan Peda. Saya juga kagak menyangka diterima di Baitul Hikmah dengan Suka rela". (btl)




Post a Comment

0 Comments