KWT Bantu Ketahanan Pangan Warga Terdampak Covid-19

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
di lokasi pembibitan  KWT  dan warga.
(Foto: Istimewa)



NET - Program Ketahanan Pangan pada masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan, guna membantu meringankan kebutuhan harian warga yang terkena dampaknya. Salah satu cara yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang adalah menggandeng Kelompok Wanita Tani (KWT).

Sambil bersepada santai, Jum'at (28/8/2020) pagi, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, bersama sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), melakukan pengeceken di KWT Anthurium yang berlokasi di RT 06 RW 03, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci. Di lokasi yang menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tersebut, Arief melihat ditanami berbagai tanaman produktif.

"Hasil panennya dibagikan ke warga tidak," tanya Arief saat tiba di lokasi KWT.

"Bagus kalau bisa membantu warga, apalagi pandemi kayak begini. Harapannya masyarakat panen mandiri depan rumah," jelasnya.

Selain menanam tanaman produktif, Arief berharap KWT bisa jadi pusat pembibitan sendiri di lingkungannya, terlebih di wilayah RT 06 RW 03, Kelurahan Nambo Jaya, terdapat kurang lebih 60 warga yang terdampak Covid-19.

"Di sini yang terdampak ada 60-an warga. Kalau punya cabai, tomat, terong bisa mengurangi pengeluaran untuk belanja.Ditambah lagi kalau bisa pembibitan mandiri, nanti tinggal sebar ke warga biar bisa nanam sendiri," tutur Arieef.

Melihat beberapa rumah warga yang tidak memilki lahan, Walikota pun meminta Dinas Ketahanan Pangan untuk menyediakan tanah dan polybag agar warga bisa berinovasi.

"Kalau yang rumahnya tidak ada tanah, kita berikaan polybag. Entah itu digantung atau mungkin pakai teknik barang bekas di tempel di tembok-tembok rumah. Pokoknya bagaimana kita optimalkan memanfaatkan apa yang ada," ujar Walikota. (bah)


Post a comment

0 Comments