Irjen Nana: TNI-Polri Ditugaskan Disiplinkan Warga Agar Covid-19 Putus

Baca Juga


Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana
Sudjana (tengah) di Kepulauan Seribu.
(Foto: Istimewa)



NET - Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Nana Sudjana mengatakan baru berapa bulan menjabat langsung masuk pandemi Covid-19 sehingga rencana kunjungan ke beberapa Mapolres kewilayahan tertunda.

Kapolda Metro menjelaskan alasan Jakarta tidak bisa dilakukan lockdown, karena Jakarta adalah Ibukota Negara sebagai pusat pemerintahan, pusat ekonomi, dan pusat budaya, semuanya bertumpu di Jakarta. Sempat terjadi pro kontra, akhirnya diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB pun terjadi penurunan ekonomi yang kemudian dilonggarkan namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun masyarakat diperbolehkan melakukan aktifitas namun harus mengikuti protokol kesehatan. Kemudian ditetapkan instansi TNI-Polri ditugaskan untuk mendisiplinkan protokol kesehatan karena masyarakat kita ini harus sering diingatkan," ujar Kapolda Metro, Kamis (6/8/2020).

Kedatangan Kapolda Metro selain disambut oleh Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond, PLT Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Junaidi, Danramil Kepulauan Seribu Mayor Inf Ali Anwar Faola mewakili Dandim 0502/JU.

Ikut pula menyambut Wakapolres Kompol Asep Alhuda, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Perwira, anggota Polres Kepulauan Seribu, Para Kasudin Kabupaten Kepulauan Seribu, Kasatpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu, para Camat dan Lurah serta Tokoh Masyarakat Kepulauan Seribu.

Kapolda mengatakan di Pulau Seribu pada satu dua bulan awal pandemi masih zona hijau, namun lama - lama mulai menguning juga. "Maka dari itu, kita harus melakukan peneguran dengan cara yang humanis agar masyarakat mau menerapkan protokol kesehatan," tutur Kapolda Nana.

Nana mengungkapkan di tengah pandemi ini, dua minggu terakhir terjadi lonjakan covid di Jakarta dan berkejaran dengan Jawa timur dengan rata-rata sehari 400 orang.

Oleh karena itu, Kapolda meminta, Kapolres dan Bupati untuk mengembalikan wilayah Pulau Seribu ke zona awal sebagai zona hijau dengan berbagai upaya.

Untuk diketahui Polres Kepulauan Seribu cukup jauh dari Jakarta daratan, namun Nana berharap fungsi Polri bersama TNI dimaksimalkan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. (dade)



Post a comment

0 Comments