Suara Gemuruh Takbir Dari Tahanan Polsek Kawasan Sunda Kelapa

Baca Juga


Anggota Reskrim berada di depan
pintu dan tahaanan di dalam bertakbir.
(Foto: Istimewa)


NET – Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 H tahun 2020 ini, di ruang tahanan Polsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok terlihat sangat  berbeda. Ada terdengar suara gemuruh takbir dan rasa kesedihan para tahanan mengumandangkan takbir bersama dengan anggota Reskrim Polsek Sunda Kelapa, Kamis (30/7/2020) malam.

Dengan protokol kesehatan, anggota Reskrim duduk bersila di depan pintu teralis beralas karpet sedangkan para tahanan tetap berada di ruang tahanan. Pemandangan yang dilihat kompak ini saling saut menyaut takbir antara tahanan dan penyidik ini tidak ada perbedaan  dalam suasana malam takbir Idul Adha.

Seorang tanahan berinisial SU memimpin takbir dengan suara merdu dan haru membuat rasa kesedihan yang lainnya. Begitu juga anggot polisi Sunda Kelapa dengan kusyuk bertakbir bersama para tahanan itu malam itu.

Menurut Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Slamet Riyanto, kegiatan ini selalu dilakukan dengan para tahanan saat di malam takbir, baik takbir Idul Fitri dan malam ini takbir Idul Adha.

"Selain itu, kami dengan tahanan setelah selesai pemeriksaanya, kami bina dengan religious. Kami lakukan sperti pesantren kilat. Dan saat bulan puasa Ramadhan, kami lakukan untuk diwajibkan berpuasa, kecuali sakit," tutur Riyanto.

Riyanto menjelasskan memperlakukan para tahanan sudah seperti teman, karena mereka juga butuh pembinaan dan yang baik. Mereka juga ada harapan untuk kembali ke masyarakat yang baik.

"Walau mereka dalam status saat ini sebagai tahanan karena  melakukan tindak pidana yang diperbuat, kami tetap secara profesional selaku petugas kepolisian, dengan melayani, mengayomi, dan melindungi sambil menunggu persidangan mereka," ujarnya. (dade)


Post a comment

0 Comments