Sekda Pantau Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 Di Puskesmas

Baca Juga

Sekda Kabupaten Tangerang Rudy Maesal 
berdialog dengan pasien melahirkan. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar atau PSBB lanjutan, dipantaau oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid, Rabu (15/7/2020) tentang penerapan protokol kesehatan di Puskesmas Curug dan Puskesmas Cikupa.

Orang nomor tiga di Kabupaten Tangerang itu datang dan mengecek bagaimana protokol kesehatan diterapkan di kedua Puskesmas tersebut.

Di Puskesmas Curug, Rudy Maesal panggilan akrabnya langsung menyisir dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang hendak melakukan berobat atau pelayanan kesehatan.

Mulai dari lokasi cuci tangan di depan gerbang, hingga prosedur pendaftaran serta antrean penanganan oleh para dokter menjadi salah satu area yang disisir oleh Sekda.

Bukan hanya melihat area pelayanan, Sekda pun melihat setiap ruangan pelayanan dan petugas medis beserta kelengkapan alat pelindung diri (AAPD) yang dikenakan.

Ruang bersalin dan ruang rawat inap di Puskesmas Curug berserta ruang konseling pelayanan HIV Aids menjadi sasarannya.

Hal serupa pun dilakukannya saat meninjau Puskesmas Cikupa, tidak berhenti pada pelaksanaan penerapan protokol kesehatan, Sekda juga melihat kondisi toilet Puskesmas yang bagaimana tingkat kebersihan dan kelayakannya.

Menurut Moch Maesal Rasyid, monitoring pada tingkat Puskesmas terlihat dengan jelas bagaimana penerapan protokol kesehatan yang dijalankan, jaga jarak dan antrean ditata dengan maksimal.

"Karena Puskesmas menjadi bagian yang bersinggungan langsung dengan pelayanan kesehatan, maka protokol kesehatan Covid-19 harus benar benar terjaga pelaksanaan," terangnya.

Diakui Sekda, APD dan jaga jarak menjadi keharusan tim kesehatan dalam menjalankan tugas, dibarengi dengan pelayanan maksimal tetap harus terjaga meski dalam kondisi pandemi corona.

"Meski kondisi kita dalam keadaan anomali akibat pandemi Covid-19, namun kita punya kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan tetap dengan protokol kesehatan Covid-19 yang diharuskan," tutur Sekda.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Curug Bulan M. Tombing mengatakan akan melaksanakan perintah pimpinan berkaitan dengan evaluasi dan masukan yang diberikan pada jajarannya.

"Kita berterimakasih atas masukan dan arahan juga evaluasi yang disampaikan pimpinan sehingga menjadi motivasi bagi jajarannya untuk bekerja lebih baik lagi," paparnya. (bah)

Post a comment

0 Comments