Kapolres Kepulauan Seribu Ikut Rapid Test Melawan Covid-19

Baca Juga

Proses rapid test diikuti jajaran Polres.
(Foto: Istimewa) 


NET  -  Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Covid-19. Guna mengetahui terpapar atau tidak ratusan personil Polres Kepulauan Seribu dilakukan rapid test di Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu Marina Ancol, Jakarta.

"Rapid test ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini kepada personil apakah ada indikasi terpapar Covid-19 atau tidak? Sengaja kita adakan secara mandiri di Kantor Polres agar semua personil bisa ikut dalam kegiatan ini," ujar AKBP Morry Ermond,  Kapolres Kepulauan Seribu, Senin (20/7/2020).

Sementara itu, selain Kapolres Kepulauan Seribu hadir pula Wakapolres Polres Kompol Asep Alhuda, para Pejabat Utama Polres Kepulauan Seribu, Kapolsek Jajaran, Perwira, Anggota Polres dan Polsek, ASN Polri, Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu berikut keluarga anggota dan warga sekitar.

"Terimakasih kepada Artha Graha Peduli yang sudah mendukung kami melaksanakan kegiatan ini. Selain Pejabat Utama Polres dan Polsek Jajaran, anggota dan keluarga anggota bahkan warga  sekitar yang akan ikut juga diperkenankan," ujarnya.

Ermond mengungkapkan petugas medis yang melakukan tindakan adalah tenaga medis dari Arhta Graha Peduli 15 orang pimpinan dokter Nirmala Eka Putri dan dari urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu. "Kegiatan rapid test ini sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Covid-19," ungkap Ermond.

Dokter  Isti Iryan Perwira, Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu mengatakan tes yang dapat memastikan,  apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Pemeriksaan ini lebih spesifik untuk mendeteksi keberadaan virus Covid-19.

Sementara warga sekitaran Kantor Polres Kepulauan Seribu sangat antusias mengikuti kegiatan rapid test.

"Terimakasih banyak kepada pihak Polres Kepulauan Seribu yang sudah mengajak kami untuk melakukan tes ini, dengan hasil non reaktif.  Kami dan teman teman sesama nakhoda kapal dan awak kapal bisa tenang dalam melakukan kegiatan dan tentunya kami akan lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," tutur Hasan, 32,  Nakhoda Kapal yang mengikuti rapid test.

Ada 308 personil Polres dan Polsek Jajaran serta keluarga dan warga sekitar mengikuti kegiatan rapid test dan hasilnya dinyatakan negatif (non reakatif) semua.

"Alhamdulillah, personil yang mengikuti tes ini hasil nya non reaktif semua. Semoga dengan hasil ini anggota bisa tenang dan lebih semangat dalam melaksanakan tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, dan tentunya lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan saat bertugas di lapangan maupun dalam kehidupan sehari hari," ucapnya. (dade)


Post a comment

0 Comments