Warga Senang, Bupati Zaki Serahkan Bantuan Tunai Covid-19

Baca Juga

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar serahkan
buku tabungan BRI kepada warga.
(Foto: Istimewa)





NET - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat terdampak Covid19 di wilayah Kecamatan Tigaraksa secara simbolis. Bantuan diserahkan kepada 50 warga di aula Kantor Kecamatan Tigaraksa, Senin, (11/5/2020).

"Hari ini, kita mulai secara bertahap penyaluran bantuannya yang berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-red) Kabupaten Tangerang untuk masyarakat. Akan tetapi masih bertahap dan di Tigaraksa ini yang pertama," terang  Bupati.

Zaki mengatakan hari ini dimulai penyalurannya melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) bantuan langsung tunai dari Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk 83.333 warga terdampak Covid 19 di Kabupaten Tangerang, akan tetapi secara bertahap penyalurannya.

Bupati meminta kepada masyarakat diharapkan bersabar untuk menerima bantuan dari Pemkab Tangerang karena itu semua butuh waktu dan proses untuk pencetakan buku dan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) serta validasi data dan juga dikrocsek. Nanti, warga akan mendapatkan bantuan dan bantuan ini tidak bisa double double.

"Saya minta masyarakat bersabar karena ini semua butuh proses perbankannya, dan yang jelas nanti sebelum lebaran semua masyarakat di 29 kecamatan bisa mendapatkan bantuannya. Bahkan sampai 3 bulan ke depan," tutur Zaki.

Zaki menjelaskan mohon kiranya kepada penerima, pergunakanlah sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup di tengah kondisi saat ini. Bukan untuk yang lain-lain karena bantuan ini sangat terbatas satu KK (Kepala Keluarga) Rp 600.000. Jadi sekali lagi tolong belikan barang untuk kebutuhan sehari-hari bukan untuk kebutuhan yang lain-lain.

"Jangan sampai nanti diterima bukan untuk beli sembako yang lain-lain dan ketika lapar uangnya sudah habis dan teriak-teriak lagi. Memang situasi saat ini sangat sulit itu harap dipergunakan dengan sebaik-baiknya," tutur Zaki.

Ujat Sudrajat selaku Kepala Dina Sosial (Kadinsos) Kabupaten Tangerang mengungkapkan bantuan tunai langsung yang diberikan hari ini berasal dari APBD Kabupaten Tangerang untuk diberikan kepada masyarakat terdampak Covid 19 yang berjumlah 83.333 KK. Dan untuk hari ini baru Kecamatan Tigaraksa dan untuk kecamatan lain bersabar karena semua butuh proses.

Karyawan BRI lakukan proses administrasi
bantuan yang akna diterima warga.
(Foto: Istimewa)

"Total penerima di Kabupaten Tangerang ada 83.333 penerima manfaat dan itu akan dibagikan selama 3 bulan berturut-turut oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, masyarakat terdampak covied 19," kata Ujat.

Menurut Ujat, bantuan dari pusat total ada 102.572, dari provinsi 149.133, dari kabupaten 83.333. Jadi itu penerima bantuan sosial tunai yang akan diterima oleh masyarakat belum lagi bantuan paket sembako dari Kabupaten Tangerang untuk masyarakat juga seperti guru ngaji, marbot, dan masyarakat lain yang terdampak tapi belum tercover bantuan.

"Bantuan dari Pusat dari Kabupaten dan juga Provinsi adalah untuk masyarakat terkena dampak Covid 19. Mudah-mudahan ini bisa paling tidak sebagian besar masyarakat Kabupaten Tangerang yang membutuhkan dan termasuk dalam kategori yang wajib mendapatkan bisa menerima semuanya," ungkap Ujat.

Sementara itu, Sarim salah seorang penerima bantuan asal Desa Margasari, Kecamatan Tigarakasa yang bekerja sebagai petani mengungkapkan rasa harunya bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang di tengah situasi yang serba sulit saat ini.

"Saya berterimakasih sekali sama Pak Zaki. Saya bisa dapat bantun dari Pemerintah, bantuan ini akan saya pergunakan dengan baik. Saya sangat senang sekali," ucap pria usia 77 tahun tersebut dengan haru. (*/pur)

Post a comment

0 Comments