Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Presiden Dan Wapres Bayarkan ZIS Melalui Baznas

Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden
KH Ma'ruf Amin, dan Ketua Baznas
Bambang Suibyo saat video conference.
(Foto: Istimewa)




NET - Presiden RI Joko Widodo menunaikan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Karena dalam kondisi pandemi serta menjalankan protokol pencegahan Covid-19, pembayaran zakat oleh Presiden kali ini dilakukan secara online melalui video conference, Selasa (12/5/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pembayaran zakat secara langsung dihadiri Presiden, jajaran menteri, kepala lembaga, hingga direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kali ini pembayaran zakat Ramadhan secara online in
i dilakukan terbatas oleh Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin serta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Pembayaran zakat Presiden, Wakil Presiden dan jajaran pimpinan negara ini diterima secara langsung oleh Ketua Baznas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA.

"Meskipun dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, Alhamdulillah, Presiden Jokowi secara konsisten kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan membayarkan zakat melalui Banas yang telah dirintis beliau sejak Ramadhan 2016 lalu,” ujar Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo.

Bambang Sudibyo mengapresiasi setinggi tingginya kepada kepala negara beserta jajarannya yang memberikan teladan kepada rakyat Indonesia khususnya kaum muslim, untuk membayarkan zakat lebih awal, mengingat di tengah masa pandemi global Covid-19 ini, banyak saudara sesama yang membutuhkan.

“Terima kasih kepada Presiden, Wakil Presiden, jajaran Menteri Kabinet Indonesia bersatu dan para pejabat lain yang telah memberikan keteladanan sebagai pemimpin muslim untuk menunaikan kewajiban ibadah zakat, disaat negara sedang dalam kondisi pandemi. Semoga langkah ini segera diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang beragama muslim untuk segera memenuhi kewajiban zakatnya," ujarnya.

Dalam kegiatan pembayaran zakat tahun 1441 H secara online ini, bukan hanya Presiden dan Wakil Presiden saja yang menyalurkan zakat ke Baznas. Sejumlah menteri pun turut serta mendampingi di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serta Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung.

Selain itu, proses pembayaran ZIS diikuti oleh pejabat eselon I Kementerian dan Lembaga, para anggota Direksi dan Komisaris BUMN, dan Pimpinan HIPMI melalui live streaming Youtube untuk berzakat secara online. Baznas mengajak kepada seluruh peserta untuk dapat berzakat seperti Presiden dan Wakil Presiden melalui rekening yang sudah disediakan oleh panitia yakni BRI Syariah 1000783214 a/n Badan Amil Zakat Nasional, atau website Baznas: baznas.go.id/ bayarzakat.  (dade)


Post a Comment

0 Comments