Jamaah Masjid Baitul Hikmah Nusaloka BSD, Sholat Ied Di Rumah Saja

Baca Juga

Ustadz H. Suradi dan  Prof Dr. H. Sukron Kamil. 
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com) 




NET - Usai melaksanakan berbagai rangkaian ibadah pada bulan suci Ramadhan dengan baik dan penuh hikmat, jamaah dan pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Masjid Baitul Hikmah Nusaloka BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangel) Minggu (24/5/2020) pagi, menggelar sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah masing-masing bersama keluarga.

Namun, mendengarkan tausiyah atau khutbah sholat Idul Fitri melalui video conference bersama Ustadz Prof. Dr. H. Sukron Kamil dengan tema “Penerimaan atas musibah dan penegasan syukur”.

Ketua Umum DKM Baitul Hikmah Ustadz H. Suradi mengatakan berkat rahmat Allah dan dengan ikhtiar kerja keras, kerja cerdas, tuntas dan ikhlas, seluruh pengurus DKM dengan didukung penuh oleh jamaah berhasil melahirkan berbagai value creation.  

Di antaranya, sebelum bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah  telah melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial kemanusiaan. Aksi Tanggap Musibah Peduli Covid-19 dengan memberikan berbagi bantuan sarana medis seperti Alat Pelindung Diri (APD - masker) kepada para petugas medis di wilayah Kota Tangsel (Klinik Amira BSD, RS Selaras Cisauk, RSIA Putra Dalima dan Puskesmas Rawa Buntu).

Ustadz Suradi mengatakan pembagian paket sembako bagi warga yang kurang mampu di lingkungan Masjid Baitul Hikmah tersebut terdiri atas 8 RW dan 2 masjid serta paket sembako di 4 titik lokasi kepada para tukang Ojek Online (Ojol) dan Ojek Pangkalan, supir taksi, penjual sayur serta berbagai para pekerja harian lainnya.

"Kami berkomitmen untuk mendukung peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka  penanganan Covid-19,” ucap Ustadz kepada TangerangNet.Com, Minggu (24/5/2020).

Dalam masa penerapan PSBB saat ini, DKM Masjid Baitul Hikmah mengajak kepada para jamaah untuk tetap semangat dan taat dalam menjalankan Stay at Home, Physical Distance, ke luar rumah memakai masker, pola hidup bersih, dan pola hidup sehat.

"Selanjutnya, ijinkan saya untuk menyampaikan pesan-pesan penuh hikmah sebagai berikut ini. ‘Ingin lihat jam gadang datanglah ke Bukit Tinggi. Mari, kita terus berjuang semoga pandemi segera berakhir di bumi ini."

"Kecubung batu dari Kalimantan. Disanding indah dengan batu berlian. Berhubung Ahad hari ini kita berlebaran. Salah dan khilaf mohon dimaafkan."

Sementara itu, Ibu Ria Hakim - salah seorang jamaah dan pengurus dari Muslimah Baitul Hikmah (MBH) saat dikonfirmasi TangerangNet.Com via Whatsappnya, menyatakan pagi ini bersama keluarga di rumah dan keluarga besar Masjid Baitul Hikmah telah melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Sejak semalaman jamaah bertakbir via zoom bersama jamaah Masjid Baitul Hikmah lainnya.

"Saat ini seluruh dunia sedang dihadapkan dengan wabah pandemi Covid-19 sehingga membuat umat manusia tidak dapat leluasa dalam beraktivitas. Akan tetapi alhamdulillah hal tersebut tidak mengurangi hikmatnya perayaan Idul Fitri yang kita rasakan saat ini,” ucap Ria Hakim.

Walaupun beribadah di rumah saja, akan tetapi jamah serasa beribadah di Masjid Baitul Hikmah. Semoga wabah Tha’un ini akan segera berlalu dan kita semua umat muslim Indonesia dan juga umat muslim seluruh dunia dan khususnya jamaah Masjid Baitul Hikmah. “Akan dapat segera kembali sholat di masjid untuk bersilaturahim langsung dan beraktivitas seperti biasa," harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Ir. H. Sayuti selaku Bendahara Umum DKM Masjid Baitul Hikmah. Menurut H. Sayuti, bulan Ramadhan tahun ini sangatlah berbeda sekali dengan tahun sebelumnya. Namun dengan sajian kegiatan di Masjid Baitul Hikmah yang padat, mulai dari kegiatan tausiyah sholat Taraweh Live, online via zoom maupun rekaman voice dan video, Tadarus one day one juz, yang ditutup dengan buka bersama online oleh peserta, setelah selesai Juz 30.

Seluruh rangkaian kegiatan selama bulan suci Ramadhan,  kata Sayuti, akhirnya dengan melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing yang dipandu oleh divisi dakwah dan peribadatan DKM Masjid Baitul Hikmah dan dilanjutkan dengan mengikuti tausiyah Idul Fitri by zoom.

"Rangkaian kegiatan tersebut membuat saya sekeluarga merasakan beribadah di rumah tetapi serasa beribah di Masjid Baitul Hikmah,” ucap Sayuti.

Atas nama Bendahara umum DKM Baitul Hikmah mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jamaah Baitul Hikmah yang telah menginfaqkan sebagian rejekinya dan menyalurkan zakat maal serta zakat fitrahnya melalui DKM Baitul Hikmah. “Semoga Allah SWT akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda dan diberi kesehatan, rejeki yang luas dan barakah. Aamiin," tandasnya.

"Kami akan terus berusaha memperbaiki sistem pengelolaan keuangan zakat, Infaq dan shadaqah DKM Baitul Hikmah agar sesuai dengan hukum syar'i baik pemanfaatan maupun penyaluran kepada yang berhak. Akhir kata dihari yang fitri ini kami mengucapkan, "TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM" Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir dan bathin atas segala salah dan khilaf," pungkas H. Sayuti. (btl)



Post a comment

0 Comments