Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tangsel Tuan Rumah MTQ XVII Banten Medio Maret 2020

Ilustrasi logo MTQ XVII
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com)



NET - Lima kali menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) berturut-turut, tak membuat Kota Tangerang Selatan merasa puas dan terlena dengan predikat juara umum MTQ tingkat Propinsi Banten.

“Komponen di Tangsel makin solid, terpadu dan terencana dalam memberikan pembinaan baca tulis Al Qur'an melalui pembinaan yang dilakukan di LPTQ dan PTIQ kepada generasi muda muslim secara merata di tujuh kecamatan yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan,” ujar H. Rahmat Salam. 

Hal itu disampaikan H. Rahmat Salam selaku Ketua panitia penyelenggara MTQ XVII tingkat Propinsi Banten kepada TangerangNet.Com pada Senin (2/3/2020), di kawasan Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan tersebut melibatkan  kantor Kementerian Agama Kota Tangsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangsel.

Menurut Dr. Rahmat Salam yang juga sebagai Asisten daerah (Asda 1) bidang Pemerintahan, pelaksanaan MTQ XVII di Kota Tangsel kali ini akan dilaksanakan selama satu pekan (seminggu) mulai dari 20 hingga 27 Maret 2020. Kegiatannya  dipusatkan di lapangan Sunburst BSD City, Serpong.  

Sedangkan tema penyelenggaraan adalah "MTQ XVII Tingkat Provinsi Banten Mewujudkan Generasi Qurani Menyongsong Banten Yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berakhlakul Karimah". Hal ini, kata Salam, dan sesuai arahan dan instrusi dari Gubernur Banten H. Wahidin Halim yakni pelaksaan kegiatan MTQ XVII tingkat Provinsi Banten 2020 harus dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dan kental akan nuansa Islaminya.

"Pak Gubernur Banten (Wahidin Halim-red) telah menginstruksikan agar pelaksanaan MTQ XVII di Kota Tangsel dilakukan dengan penuh kesederhanaan tetapi khidmat dan kental dengan suasana yang sangat religius dan Islami. Ini sesuai dengan motto Provinsi Banten yang Iman dan Taqwa dan juga motto Kota Tangsel yang Cerdas, Modern dan Religius," tutur H. Rahmat Salam.

H. Rahma Salam menjelaskan dengan penyelenggaraan MTQ XVII tersebut, Pemkot Tangsel berharap akan terus secara berkesinambungan melahirkan kader-kader Qur'an yang terbaik. Hal ini akan dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah melalui jalinan budaya baca Al Qur'an serta pemahaman isi dan kandungan Al Qur'an, membumikan Al Qur'an menuju Provinsi Banten yang Beriman, Bertaqwa, dan Berakhlakul Karimah. Sekaligus  dapat membangun silaturrahmi antar Qori dan Qoriah Hafidz dan Hafidzah, Musafir dan Musafiroh serta Khottot dan Khottotoh dan dapat menumbuhkembangkan tradisi Mahgrib Mengaji.

"MTQ XVII Provinsi Banten tahun 2020 kali ini akan dilaksanakan di 12 tempat penyelenggaraan untuk berbagai macam perlombaan bernuansa Islami,” ucap Salam.

Lokasi tersebut tersebar di  masjid Al I'tishom Puspemkot Tangsel Pamulang , aula sekolah MAN Insan Cendekia BSD Serpong, sekolah GSG Insan Cendekia Madani  Ciater Serpong, masjid Al Azhar/ Asy Syarif BSD Serpong, masjid Agung Al Mujahidin Serpong, masjid Baitul Hikmah Nusa Loka BSD Serpong, masjid Al Aqsa De Latinos BSD Serpong.

Selanjutnya  di masjid Baitussalam The Green BSD Serpong, Gedung Blandongan Tandon Ciater, Serpong serta di ruang Plaza Puspemkot Tangsel. “Dan satu lagi yang juga sangat menarik adalah, dalam acara pembukaan MTQ XVII nanti akan menghadirkan group band D'Masif yang akan menyanyikan lagu-lagu bertema Islami dan religius," terangnya.

H. Rahmat Salam mengajak kepada seluruh warga Kota Tangsel untuk dapat hadir di acara MTQ XVII tingkat Provinsi Banten dari mulai acara pembukaan hingga acara penutupannya. Sebab, ada banyak kegiatan yang sangat menarik dan baik untuk disaksikan dan sebagai pembelajaran menambah ilmu agama bagi keluarga dan terbentuknya generasi muda Kota Tangsel khususnya dan generasi muda se Banten umumnya yang lebih Islami.

Kegiatan tersebut, kata Salam, seperti Pawai Ta'aruf budaya MTQ masing-masing kabupaten dan kota se- Provinsi Banten yang menampilkan kendaraan hias bernuansa Islami, Pasar Rakyat Banten yang menghadirkan ratusan hasil karya para pelaku ekonomi , usaha kecil dan menengah atau UMKM se- Banten. Barang yang  ditampilkan berkualitas dan sangat menarik untuk dibeli warga Kota Tangsel dan juga sebagai oleh-oleh para Kafilah peserta MTQ.

"Dan dalam penyelenggaraan MTQ XVII kali ini, para Kafilah wakil Kota Tangsel, Pemkot Kota Tangsel, berbagai stekholder dan seluruh komponen warga masyarakat Kota Tangsel, telah bertekad akan kembali merebut gelar juara umum untuk yang ke-6 kalinya berturut-turut,” tutur Salam.

Ini sebagai kado terindah untuk Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany yang akan mengakhiri masa tugas dan darma baktinya kepada warga masyarakat Kota Tangsel pada akhir  2020 ini. Semoga akan menjadi kesan yang sangat indah untuk beliau pada akhir masa jabatannya dengan kita persembahkan piala juara umum yang keenam kalinya bagi Kota Tangsel pada masa kepemimpinan beliau," tandas H. Rahmat Salam. (btl)

Post a Comment

0 Comments