Taman Baca Di Desa Dapat Tingkatkan Literasi Anak

Baca Juga

PTP Multipupose saat peresmian Taman Baca. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com) 




NET - Minat baca masyarakat terutama anak-anak harus ditingkatkan, mengingat rangking Indonesia dalam hal minat baca yaitu berperingkat 62 dari 72 negara.

Oleh karena itu, dari kepedulian perusahaan terkait rendahnya minat baca di Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Multipurpose melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) meresmikan Taman Baca, di Desa Talang Duku, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Taman Baca yang diberi nama Taman Baca Sahabat PTP ini, diresmikan langsung oleh Direktur Utama Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Multipurpose Imanuddin, disaksikan oleh sejumlah perangkat desa yang turut hadir.

Imanuddin menjelaskan gagasan pembuatan taman baca di Desa Talang Duku itu dilakukan guna meningkatkan literasi membaca di kalangan anak-anak yang ada di desa ini. Diakui saat ini minat baca masyarakat, lebih khusus kalangan anak-anak maupun pelajar masih rendah.

"Perlu terus dilakukan gagasan inovatif agar kesadaran membaca terus tumbuh, selalu  ditingkatkan dan harapannya ke depan akan menjadi budaya baca di Desa Talang Duku ini," tutur Imanuddin, Jumat (27/3/2020).

Imanuddin  mengungkapkan salah satu upayaperusahaan menyediakan taman baca agar di manapun tempat mereka tetap bisa menyempatkan waktu untuk membaca, guna memperkaya ilmu pengetahuan. Ini sekaligus untuk berpartisipasi aktif mendukung gerakan literasi membaca di masyarakat.

“Taman Baca Sahabat PTP ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kegiatan kemasyarakatan seperti kumpul warga salah satunya," ujarnya.

Taman Baca Sahabat PTP tersebut menyediakan 500 buku, di antaranya, buku bacaan anak, buku bacaan remaja, buku pelajaran, buku sains, buku cerita, dan buku-buku lainnya yang tentu diharapkan dapat sangat bermafaat bagi masyarakat.  (dade)


Post a comment

0 Comments