Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PLTGU Jawa 2 Beroperasi, Sukses Tahap COD Pada 2019

Dirut PLN Zulkifli Zaini saat
meninjau ke lokasi PLTGU Jawa 2.
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)




NET - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 2 beroperasi, sukses mencapai tahap commercial operation date (COD) pada 2019. Upaya ini merupakan bukti komitmen PT PLN (Persero) untuk terus meningkatkan keandalan sistem kelistrikan DKI Jakarta dan sekitarnya.

PLTGU berlokasi di area PT Indonesia Power UPJP Priok, Jakarta Utara, seluas area kurang lebih 5,2 hektar. "Indonesia Power ini memang menjadi tempat best practice berbagai macam pembangkit dan telah diakui oleh direksi PLN. Dan untuk PLTGU Jawa 2 ke depannya akan diresmikan oleh Pak Presiden, dan kita harapkan ini dapat menjadi sejarah bagi kita dan agar Indonesia Power dapat lebih baik lagi ke depannya," ujar Direktur Utama PT Indonesia Power M. Ahsin Sidqi, Sabtu (29/2/2020), saat PLTGU Jawa 2 dikunjungi Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan jajaran.

Pembangkit yang dioperasikan Indonesia Power ini memproduksi daya sebesar 800 MW. Selain untuk memasok listrik Jakarta, PLTGU Jawa 2 juga berperan sebagai black start system dan backup MRT. Yang penting, PLTGU ini menggunakan teknologi yang ramah lingkungan serta lebih efisien, sehingga mendukung program penurunan biaya pokok produksi.

"PLTGU Jawa 2 memberikan tambahan pasokan energi listrik sebesar 800 MW. Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya serta memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali sebagai pembangkit dengan tipe Load Follower ataupun Peaker," ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Haryanto WS.

"PLTGU ini project yang onschedule dan tentunya ini kebanggaan juga untuk kami karena PLTGU ini dibangun di atas bongkaran eks PLTU yang lokasinya sangat terbatas," papar GM UIP JBB PLN Ratnasari di depan direksi PLN.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dengan baik, dan menjaga upaya sinergitas ini.

"Saya ucapakan terima kasih atas kerja kerasnya, semangatnya, dan dedikasinya untuk project ini. Semoga ke depannya dapat bermanfaat dengan baik dan siap untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo," ungkap Zulkifli. (dade)

Post a Comment

0 Comments