Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peserta Bimtek Dana Hibah Forum DKM Tangsel Membludak

Ustadz Arie Wahyudi dan Benyamin Davnie.
(Foto: Bambamg TR/TangerangNet.Com) 



NET – Di tengah suasana yang "mencekam" karena wabah virus corona yang saat ini sedang melanda Provinsi Banten, ternyata tidak menyurutkan semangat dan antisisme jamaah masjid khususnya para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan dana hibah.

Acara diselenggarakan oleh Forum Dewan Kemakmuran Masjid (FDKM) Kota Tangerang Selatan, di RM Sate H. Paijo, Jalan Raya Rawa Buntu (depan De Latinos) BSD, Serpong, Kota Tangsel pada Ahad (15/3/2020) pagi, dan dihadiri oleh 80 orang pengurus DKM.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Tangsel H. Benyamin Davnie, Ketua FDKM Kota Tangsel Ustadz H. Arif Wahyudi, Kabag Kesra Pemkot Tangsel H. Heli Selamet, Bendahara FDKM Kota Tangsel Ustadz H M Sartono Anwar serta beberapa tokoh dan aktifis forum masjid dan musholah di Kota Tangsel lainnya.

Ketua FDKM Kota Tangsel Ustadz Arif Wahyudi mengatakan Forum DKM Kota Tangsel tersebut memiliki 5 program kegiatan yang sedang dijalankan, antara lain mendorong dan memfasilitasi  masalah pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada seluruh masjid dan musholah di Kota Tangsel, menyelenggarakan Bimtek pemanfaatan dana Hibah Pemkot Kota Tangsel.

Selanjutnya menyelenggarakan pembinaan kepada generasi muda madjid dan musholah se-Kota Tangsel, menggerakkan bangkitnya ekonomi umat khususnya para jamaah di lingkungan masjid melalui pemberian tambahan modal usaha kredit usaha mikro, serta yang kelima adalah gerakkan solidarita kepada dunia Islam di seluruh dunia yang sedang mengalami berbagai musibah dan juga penindasan seperti di Palestina dan Suriah.

"Dan terkait kegiatan Bimtek tentang dana hibah ini, kini tersedia anggaran cuekup besar untuk dana hibah di Pemkot Tangerang Selatan yaitu sebesar Rp 88 miliar. Dengan mengikuti bimtek ini, FDKM Kota Tangsel berharap agar para pengurus masjid dan musholah di Kota Tangsel akan dapat memanfaatkan dengan baik dana hibah tersebut melalui pengajuan proposal dana hibah kepada Walikota Tangsel secara baik dan benar sesuai ketentuan perundang-undangan," tandas Ustadz Arif Wahyudi.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Pemkot Kota Tangerang Selatan H. Heli Selamat mengatakan sesungguhnya dana hibah tersebut sifatnya hanyalah setimultan (ransangan) serta penyemangat bagi para DKM dan musholah. Karena yang paling pokok itu adalah dana yang didapat dari para jamaah itu sendiri pada masing-masing masjid dan musholah melalui berbagai sumber penerimaan yang baik dan halal.

"Sesungguhnya pengajuan dana hibah tersebut adalah gampang-gampang susah, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Contoh, melampirkan foto copy pengurus yayasan atau DKM itu harus lengkap, yaitu ketua, sekretaris dan bendahara. Atau hal lainnya semisal melampirkan surat keterangan domisili atau keterangan lembaga berbadan hukum juga harus dan wajib dipenuhi. Intinya jika proposal pengajuan dana hibah kita mau di-acc (disetujui-red), ikuti dan penuhi semua persyaratan dan kelengkapan proposal tersebut sesuai ketentuan hukum dan undang-undang," tutur  Heli Selamet.

Sementara itu, H. Benyamin Davnie Wakil Walikota Tangerang Selatan yang menyempatkan diri hadir dalam kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh FDKM Kota Tangerang Selatan tersebut, menyatakan sangat mengapresiasi semangat pantang menyerah yang ditunjukkan oleh para jamaah dan aktivis serta pengurus DKM dan musholah se-Kota Tangerang Selatan tersebut.

"Di tengah suasana wabah virus Corona seperti sekarang ini semangat para bapak-bapak dan ibu para pengurus DKM tidak berubah. Memang sikap seperti itulah yang paling baik kita lakukan saat ini, tidak perlu panik.  Namun tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan sesuai standar yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, yaitu selalu cuci tangan sebelum makan dan selalu dapat menjaga kebersihan baik lahir maupun batin," pungkas Benyamin Davnie. (btl)

Post a Comment

0 Comments