Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

OPD Buat Hand Sanitizer, Gubernur: Upayakan Lindungi Masyarakat

Gubernur Banten H. Wahidin Halim dan
Tim DLHK dan bahan hand sanitizer. 
(Foto: Istimewa)




NET - Akibat terjadinya kelangkaan produk pembersih tangan (hand sanitizer) di pasaran sejak pandemi Covid-19 mulai masuk ke Provinsi Banten, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk membuat produk tersebut secara swadaya.

Kegitan itu melibatkan sekira 20 orang pegawai yang bertugas di laboratorium milik DLHK, kini telah tersedia sebanyak 463 botol hand sanitizer yang siap untuk dimanfaatkan di sarana-sarana umum (area publik) serta keperluan darurat lainnya.

“Setelah mempertimbangkan, melihat di lapangan bahwa di pasar sudah tidak ada lagi hand sanitizer untuk cuci tangan, disinfektan juga sudah tidak ada, terus juga hand soap, maka kami berkreasi dalam rangka membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19. Dari tim LH (Lingkungan Hidup-red) ada yang mampu meracik, memproduksi kebutuhan antiseptik pembersih tangan,” ungkap Gubernur, Selasa (24/3/2020).

Menurut Gubernur, memerangi Covid-19 tentu harus dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meningkatkan kewaspadaan dan perlindungan diri serta kebersihan diri. Sebagian besar masyarakat di Indonesia termasuk Banten mengalami kesulitan untuk memperoleh kebutuhan penunjang kebersihan salah satunya hand sanitizer. Oleh karenanya, dibutuhkan upaya dan inovasi untuk melindungi masyarakat dari paparan Covid-19.

“Saya lihat Pemprov punya SDM (Sumber Daya Manusia-re) yang bisa membuat itu. Maka, saya langsung minta mereka membuatnya. Bahan baku juga disupport oleh dinas lainnya seperti Dinas Pertanian,” tuturnya

Gubernur berharap dengan bantuan hand sanitizer ini dapat meringankan rasa kekhawatiran masyarakat Banten akan kelangkaan produk tersebut di tengah wabah Covid-19. Khususnya bagi masyarakat yang masih beraktifitas di luar seperti fasilitas umum dan area publik lainnya.

“Semoga segala ikhtiar yang kita lakukan, masyarakat Banten terhindar dari wabah Covid-19 dan virus ini segera pergi dari negeri kita tercinta,” ujar Gubernur berharap.

Sampai saat ini, DLHK masih terus berupaya untuk membuat hand sanitizer tersebut, namun masih menunggu ketersediaan bahan bakunya yang dibutuhkan dalam pembuatan hand sanitizer. Bahan-bahan yang ada disuplai dari Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) DLHK, Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Gubernur telah menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk berupaya mendapatkan APD (alat pelindung diri) dan bahan-bahan
untuk pembuatan hand sanitizer serta disinfektan. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments