Warga Buana Permai Cipondoh Gotong Royong Buat Tanggul Pasir

Baca Juga

H. Bambang Suwondo duduk di atas
tanggul yang baru dibuat oleh warga.
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com)



NET -  Dengan dimotori oleh tokoh masyarakat Cipondoh yang juga dikenal sebagai notaris ternama  Tangerang Raya H. Bambang Suwondo mengadakan kegiatan gotong-royong berupa kerja bakti bersama warga membuat tanggul penahan banjir yang terbuat dari karung-karung yang diisi pasir.

Bambang bersama H. Ujang Junaedy selaku Ketua RW 09 Komplek Perumahan Buana Permai Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat (3/01/2020) malam, bersama puluhan warga perumahan Buana Permai.

Saat dikonfirmasi terkait kegiatan gotong-royong dan kerja bakti tersebut, Bambang Suwondo mengatakan pelaksanaan pembuatan tanggul dari karung-karung yang berisi pasir tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya luapan air hujan yang berasal dari Situ Cipondoh. Kini banyaknya limpahan curah air hujan yang diprediksi akan semakin besar intensitasnya pada bulan Januari hingga April 2020 mendatang.

"BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika-red) sudah memperkirakan bahwa puncak musim penghujan akan terjadi antara bulan Januari sampai April 2020 mendatang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami warga RW 09 Perumahan Buana Permai membuat tanggul-tanggul pasir penahan limpahan air hujan,” tutur Bambang.

Oleh karena , kata Bambang, kemungkinan datang dari saluran-saluran drainase di sekitar Perumahan Buana Permai yang tidak mampu lagi menampung debit air hujan. Hal itu ditambah  air datang dan juga kemungkinan limpahan air dari Situ Cipondoh yang meluap seperti saat ini.

Menurut Bambang Suwondo, dengan dibuatkannya tanggul-tanggul dari karung pasir tersebut, diharapkan akan dapat mengurangi kemungkinan limpahan air hujan yang mengalir ke dalam Perumahan Buana Permai. Hal ini diharapkan  warga RW 09 Buana Permai tidak mengalami kebanjiran akibat limpahan air hujan baik dari saluran drainase yang penuh di depan perumahan maupun dari luapan air Situ Cipondoh.

Sementara itu, Ujang Junaedy selaku Ketua RW 09 Perumahan Buana Permai, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh,  saat dikonfirmasi di tempat yang sama menyatakan kegiatan gotong-royong dan kerja bakti membuat tanggul-tanggul dari karung berisi pasir tersebut merupakan inisiatif yang dilakukan oleh Bambang Suwondo selaku tokoh masyarakat setempat.

"Ini inisiatif Pak Haji Bambang, saya selaku Ketua RW 09 Buana Permai sangat mengapresiasi inisiatif dari beliau yang sangat baik dan bermanfaat sekali untuk seluruh warga RW 09, dan khususnya yang berada di Perumahan Buana Permai ini. Menurut kami ini sebuah pemikiran, inisiatif, dan juga antisipasi yang sangat baik dan cerdas dari beliau," tuturnya. (btl)


Post a comment

0 Comments