Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Loket Online BPN Kota Tangerang Jadi Contoh Di Indonesia

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil ketika
menyaksikan raung pelayanan loket online.
(Foto: Istimewa)



NET - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil meresmikan loket online kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang guna menunjang percepatan pelayanan, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakn, Kamis (16/1/2020). 

Persemian loket online berlangsung di kantor BPN Kota Tangerang, dihadiri Walikota Tangerang Arief Wismansyah bersama Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten Andi Tenri Abeng, Kepala Kantor Petanahan Kota Tangerang Sri Pranoto, dan Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes  Sugeng Hariyanto.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengatakan Kantor Pertanahan Kota Tangerang menjadi cerminan atau contoh pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat. Bahkan menjadi model bagi seluruh Kantor BPN di Indonesia, karena memang sasaran kita adalah tingkat pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi," jelasnya.

Sofyan berharap pada 2025 mendatang suluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar sehingga tidak ada lagi sengketa. Salah satu kemudahan ,  adalah dengan membuka layanan loket online.
"Kita berharap ini bisa tercapai, dan berkurang juga antrean di Kantor BPN sampai 40 persen. Loket inline 2024 mendatang sudah dimilik oleh Kantor BPN di Indonesia yang berbasis elektronik," ucapnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan loket online diharapkan bisa mendorong dan memudahkan masyarakat dalam mengurus pemberkasan sertifikat tanah. "Kami atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih, karena instruksi Menteri ATR/BPN ditindaklanjuti oleh Kepala BPN bahkan ini menjadi percontohan untuk nasional dan kita siap mensupport dan tentunya masyarakat Kota Tangerang akan terlayani lebih mudah," ujarnya.

Selain itu, jelas Wali Kota, siap memfasilitasi BPN terkait data sehingga pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang bisa lebih optimal dan maksimal. Pada era transparansi saat ini terobosan termudah untuk mendorong penyelesaian PTSL adalah dengan menggunakan sistem berbasis online.

"Jadi masyarakat bisa gunakan fasilitas aplikasi online yang dimiliki oleh BPN. Sehingga masyarakat juga bisa mantau prosesnya sampai dimana dan kendalanya apa, supaya tidak timbul kerancuan dan keraguan, nanti detailnya masyarakat bisa tanyakan pihak BPN," ucap  Arief.

Kantor Pertanahan Kota Tangerang saat ini telah dilengkapi loket pelayanan mulai dari loket khusus/prioritas, loket dengan kuasa dan tanpa kuasa, serta loket online dan customer service yang nyaman bagi masyarakat.

Sofyan Djalil selain melaunching Loket Online  juga menandatangan Perjanjian Kerjasama antara Sekretaris Daerah Kota Tangerang dengan Kantor Pertanahan Kota Tangerang tentang Sertifikasi Tanah Aset dan Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan Tanah Aset Pemerintah Kota Tangerang, Dukungan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Inventarisasi Tanah Instansi Pemerintah dan Pemanfaatan Peta Zona Nilai Tanah Pemerintah Kota Tangerang. (bah)


Post a Comment

0 Comments