Kembali, Terminal 3 Bandara Soetta Raih Best Airport of The Year 2019

Baca Juga

Ketua Tim Juri Herry Bakti (kanan)
usai menyerahkan penghargaan.
(Foto: Istimewa)



NET - Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kembali dinobatkan sebagai Best Airport of The Year 2019 dalam ajang Bandara Awards 2019 yang diselenggarakan oleh Majalah Bandara.

Penghargaan Best Airport of The Year 2019 diterima langsung oleh Direktur Operasi & Pelayanan PT Angkasa Pura II (Persero), Ituk Herarindri, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Dengan memperoleh Best Airport pada tahun ini, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tiga tahun berturut-turut menyabet gelar bergengsi tersebut.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali juga dinobatkan sebagai Best Airport of The Year 2019. 

Tahun ini merupakan pertama kali penghargaan Best Airport of The Year diberikan kepada dua bandara, hal ini karena dua bandara tersebut memiliki nilai peningkatan yang sama dan tahun ini merupakan tahun ke-11 event bergengsi ini diselenggarakan.

Bandara Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai menyisihkan bandara lain melalui survei yang dilaksanakan terhadap 100 bandara yang terdiri atas 13 bandara PT Angkasa Pura I (Persero), 16 bandara PT Angkasa Pura II (Persero), dan bandara-bandara di lingkungan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I, II, III.

Ketua Dewan Juri Bandara Awards 2019 Herry Bakti S Gumay menyebutkan Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 menyisihkan 98 bandara lainnya yang disurvei dalam rangka Bandara Awards 2019 ini. Tahun sebelumnya, yaitu pada Bandara Awards 2018, Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 juga berhasil meraih penghargaan Best Airport of The Year.

Menurut Herry Bakti, ajang bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk mendorong para pengelola bandara untuk semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara menjadi semakin baik dan kompetitif, menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia. Sehingga mampu meningkatkan citra penerbangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

“Kami sangat bangga dan berterimakasih kepada Majalah Bandara yang telah konsisten dan sukses menyelenggarakan program hingga saat ini serta atas dukungan berkelanjutan dari kementerian terkait, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negera-red), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Herry.

Sementara itu, Chariman Bandara Indonesia Group (BIG) Erwin Nurdin mengatakan penghargaan atau apresiasi yang diberikan oleh Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara berdasarkan hasil survei langsung ke sejumlah bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote.

"Survei tahun ini dimulai bulan April hingga Oktober 2019,  dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh  penumpang pesawat di 100 bandara tersebut," ujar Erwin.

Hasil survei itu dijadikan acuan Dewan Juri untuk menentukan bandara-bandara yang layak memperoleh penghargaan. Adapun Dewan Juri yang kredibel dan setia mendampingi Bandara Awards adalah Herry Bakti S Gumay, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Ninok Laksono, Otong Rukmana, Esthy Reko Astuty, Olivia Zalianty, dan Polana B. Pramesti.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan Bandara Award ini dapat mendorong PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola bandara semakin meningkatkan pelayanan jasa bandara menjadi semakin baik  menuju standar pelayanan bertaraf kelas internasional.

"Kami bersyukur atas raihan penghargaan tersebut yang tentunya melengkapi pencapaian Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 2019 ini," ucap Febri.

Artinya, kata Febri,  kinerja pelayanan yang diberikan sangat diperhatikan oleh pengguna jasa. Setiap award yang diterima menjadikan pengelola untuk terus memacu perbaikan layanan. “Kami untuk terus lebih dan lebih dari pencapaian yang ada saat ini,” tutur Febri. (*/pur)

Post a comment

0 Comments