Bawaslu Rasakan Peran Wartawan Tangerang Sukseskan Pemilu 2019

Baca Juga

Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang
M. Romli saat menerima penghargaan.
(Foto: Istimewa) 


  

NET - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang memberikan penghargaan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat atas kiprahnya selama perhelatan Pemilu 2019.

Penghargaan itu diterima Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang Mohamad Romli saat dihelat Rapat Kerja Evaluasi Pengawasan Pemilu 2019 Bersama Mitra Kerja di Hotel Amaris, Citra Raya, Panongan, Selasa (17/12/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan mengatakan peran media sangat penting sebagai penyampai informasi pengawasan kepemiluan. Berkat peran media, masyarakat semakin teredukasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

"Tanpa peran pers, khususnya PWI Kabupaten Tangerang, kami tidak akan bisa bekerja maksimal. Kami sangat terbantu oleh teman-teman wartawan," ujar Andi kepada awak media usai kegiatan tersebut.

Andi menambahkan fungsi pers yang salah satunya melakukan edukasi terhadap masyarakat di Kabupaten Tangerang soal kepemiluan sudah berjalan maksimal. Berkat peran pers itu, jumlah pelanggaran dapat diminimalisir.

"Masyarakat yang teredukasi oleh karya jurnalistik soal kepemiluan, akhirnya memunculkan sikap aktif mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu. Selain itu, Bawaslu dan media massa pada aspek kepemiluan memiliki peran yang sama, yaitu pengawasan. Selama perhelatan Pemilu 2019, kami seiring sejalan melakukan dalam melakukan kontrol, sehingga Pemilu 2019 bisa terlaksana dengan sukses," katanya.

Sementara itu, Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang Mohamad Romli mengatakan pers sebagai pilar keempat demokrasi memiliki peran yang sangat strategis dalam mengawal proses demokratisasi, salah satunya Pemilu.

Romli menyebutkan selama perhelatan Pemilu 2019, kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Tangerang dengan PWI terjalin dengan baik.

"Sejak awal pelaksanaan Pemilu 2019, kami sudah membuat semacam kesepakatan untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan edukasi kepemiluan kepada masyarakat. Kerjasama yang baik itu terealisasi dengan pemberitaan soal Pemilu di media massa yang terbit hampir setiap hari," ujar Romli.

Romli mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu dan mitra kerja lainnya yang telah memudahkan kerja kewartawan dan insan pers dalam melakukan pelipuatan selama Pemilu 2019.

"Kerjasama demikian harus semakin ditingkatkan, sehingga ke depan, kami berharap kualitas Pemilu kita terus meningkat," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bawaslu menyerahkan pula penghargaan kepada mitra kerja lainnya di antaranya KPU Kabupaten Tangerang, Polresta Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang,  Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Departemen Agama Kabupaten Tangerang, Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, dan organisasi kemasyarakatan serta kepemudaan di Kabupaten Tangerang. (*/rls)

Post a comment

0 Comments