Tangsel Bangun Pemakaman Terpadu Bernuansa Wisata Religi

Baca Juga


Lokasi pemakaman proses pengerjaan. 
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com) 


NET - Guna menjawab kebutuhan warga akan ketersediaan pemakaman umum yang baik dan ramah lingkungan (tidak terkesan seram) serta terorganisir dengan baik, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta), saat ini tengah membangun kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Terpadu Sari Mulya di Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu.

Ditemui TangerangNet.Com pada Kamis (21/11/2019), H. Nasmudin selaku Kepala Seksi (Kasie) Tempat Pemakaman Umum pada Dinas Perkimta Kota Tangsel, TPU terpadu Sari Mulya merupakan kawasan pemakaman umum yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Tangsel sebagai tempat pemakaman umum bagi seluruh warga masyarakat Kota Tangsel lintas agama. Luas area pemakaman terpadu Sari Mulya ada 20 hektar dan lahan tersebut merupakan pemberian dari kewajiban tiga pengembang besar yang ada di Kota Tangsel seperti BSD City, Bintaro Jaya serta Alam Sutera.

"Saat ini di lokasi lahan sedang dilakukan pengerjaan perataan lahan TPU terpadu Sari Mulya seluas 7 hektar dan akan dilaksanakan pembangunan kantor pelayanan TPU tersebut. Dan Insya Allah tahun 2020 akan mulai dilakukan pengerjaan blok pemakaman Sari Mulya seluas 7 hektar, yaitu blok pemakaman muslim dan non-muslim serta pagar seluruh kawasan pemakaman terpadu Sari Mulya dan  sisa pembebasan lahan seluas 13 hektar oleh para pengembang," ujar Nasmudin.

Nasmudin berharap seluruh sisa pembebasan lahan tersebut akan dapat diselesaikan oleh para pengembang pada akhir 2020. Karena dengan selesainya seluruh tahapan sisa pembebasan lahan untuk TPU Sari Mulya, maka pihak Dinas Perkimta Kota Tangsel akan bisa menyelesaikan seluruh pembangunan kawasan TPU terpadu Sari Mulya pada akhir 2020.

"Target kami awal tahun 2021, kawasan pemakaman terpadu Sari Mulya akan mulai bisa digunakan untuk pemakaman oleh warga Kota Tangsel. Dan satu lagi yang ingin kami informasikan adalah  kawasan pemakaman TPU terpadu Sari Mulya tidak hanya akan dijadikan sebagai tempat pemakaman saja, tetapi akan dijadikan juga sebagai tempat lokasi wisata religi bagi seluruh agama. Kami akan jadikan kawasan TPU Sari Mulya menjadi kawasan padang rumput yang menghijau dengan ditanami rumput Gajah mini dan pepohonan serta aneka pohon bunga yang berwarna-warni. Hal ini akan makin memperindah kawasan TPU Sari Mulya dan akan menghilangkan image seram di mata masyarakat jika berada di kawasan pemakaman," pungkasnya. (btl)

Post a Comment

0 Comments