DLH Tangsel Pangkas Pohon Tanpa Tunggu Musim Hujan

Baca Juga

Seusai menebang dahan pohon, petugas DLH 
langsung memasuki potongan kayu ke 
kontener untuk diangkut tempat pembuangan. 
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com)




NET -  Memasuki musim penghujan pada November 2019 saat ini, berbagai langkah dan antisipasi datangnya cuaca ekstrem telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satunya yang dilakukan oleh Kasie Pemulihan dan Pemeliharaan Lingkungan DLH Kota Tangsel Anton Wibawa, memangkas dan memotong dahan pohon yang berpotensi rubuh atau tumbang saat hujan.

Kepada TangerangNet.Com pada Kamis (14/11/2019) siang, Anton Wibawa menerangkan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya adalah mengamati dan memperhatikan pohon-pohon yang ada di bahu jalan raya di seluruh Kota Tangsel yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan pihak DLH.

"Sebenarnya masalah pemeliharaan dan perawatan serta pemulihan lingkungan khususnya pohon-pohon yang ada di sepanjang jalan raya milik Pemkot Tangsel, merupakan pekerjaan rutin yang sudah menjadi tupoksi dan tanggung jawab kami. Jadi menjelang atau tidak menjelang musim penghujan, kami tetap rutin dan berkala memeriksa secara acak pohon-pohon tersebut. Jika kami pandang pohon tersebut harus dipangkas karena pertimbangan berbagai hal, maka akan kami pangkas dahan-dahan pohon tersebut agar beban pohon tersebut menjadi lebih ringan saat turun hujan dan cuaca ekstrem agar tidak membahayakan pengguna jalan," tutur Anton Wibawa.

Anton Wibawa mengingatkan kepada warga masyarakat pengguna jalan di Kota Tangsel, agar jangan berteduh di bawah pohon saat turun hujan. Dirinya menyarankan agar saat turun hujan pengguna jalan sebaiknya mencari tempat berteduh di gedung-gedung saja.

"Walaupun kami sudah rutin dan memangkas pohon-pohon tersebut, tetapi yang namanya alam itu kita tidak dapat memastikan dengan akurat pohon itu kuat atau tidak menahan datangnya cuaca ekstrem. Jadi lebih baik saat hujan datang, sebaiknya mencari tempat berteduh di gedung-gedung yang terdekat saja," ujar Anton Wibawa mengingatkan.

Kasie Pemulihan dan Pemeliharaan Lingkungan DLH Kota Tangsel yang dikenal sangat ramah dan terbuka dengan kalangan media tersebut mengajak kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, untuk selalu bersiap siaga dan lebih meningkatkan sinergitas dalam mengantisifasi berbagai hal di musim penghujan tahun 2019 yang sudah datang saat ini. (btl)


Post a Comment

0 Comments