Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tim Kemanusiaan Banten Buka Posko Di Sentani, Jayapura

Tim Kemanusiaan Pemprov Banten Komari
dan E Kusmayadi berdialog dengan pengungsi.
(Foto: Istimewa)




NET - Tim Kemanusiaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membuka posko kemanusiaan di Sentani, Jayapura, Kamis (3/10/2019). Posko dibuka untuk mengumpulkan warga Banten yang masih tertahan akibat kerusuhan Wamena dan sekitarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten E Kusmayad di Jayapura mengatakan posko tersebut dibentuk untuk mempermudah proses evakuasi dan pendataan kepulangan mereka ke Banten.

Dari informasi awal yang dikumpulkan, kata Kusmayadi, tim mendapatkan laporan ada 6 jiwa lagi warga Banten yang berada di Wamena. Keenam orang tersebut sedang dievakuasi untuk dibawa ke posko di Sentani. Saat ini, tim masih melakukan penyisiran dan pendataan warga Banten yang masih tercecer di berbagai daerah di Papua yang terdampak kerusuhan.

“Pemantauan juga akan terus kita lakukan di beberapa posko pengungsian untuk mencari pengungsi orang Banten,” ucapnya.

Kusmayadi menambahkan tim kemanusiaan Banten di lapangan dibantu aparat keamanan setempat. Pengungsi dari Banten yang berhasil ditemukan dalam keadaan sehat dan tidak ada yang menjadi korban luka-luka atau meninggal dunia. Dari data yang terkumpul, warga Banten tersebut mayoritas berprofesi sebagai pedagang bubur dan repot serta seorang guru.

“Tim rencananya akan melakukan penyisiran sampai Senin (7/10/2019) mendatang. Untuk kepulangan nanti situasional sambil mengumpulkan yang lain,” imbuhnya.

Informasi terkini, imbuh Kusmayadi, dari 15 jiwa terdiri atas 6 kepala keluarga (KK) yang meminta dipulangkan Ke Banten saat ini sedang disiapkan data dan identitasnya. Sementara warga lainnya saat ini tengah disisir, dipantau dan didata ke posko lain dan ada 4 posko sedang dikoordinasikan. (*/pur)



Post a Comment

0 Comments