Pelajar SMP Islam Terpadu CN Dibekali Bela Negara

Baca Juga

Para pelajar SMP ITCN menyimak
saat disampaikan tentang bela negara. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)




NET – Sedikitnya 50 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Citra Nuansa mendapat pembekalan tentang  Wawasan Kebangsaan  dan Bela Negara dari Staf Potensi Maritim (Spotmar) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berlangsung di Aula  SMP Islam Terpadu Citra Nuansa, Desa Mekarsari, Bogor Jawa Barat.                         

Kegiatan bela negara yang merupakan bagian pembinaan ketahanan wilayah dari Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil berlangsung diruang kelas sekolah islam terpadu tersebut. Kegiatan bela negara dilakukan mulai dari makna upacara bendera hingga pemahaman wawasan kebangsaan.      

"Kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan di lingkungan sekolah maupun saat berkunjung ke KRI akan langsung dirasakan manfaatnya oleh generasi muda khususnya pelajar,” ujar Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, Minggu (13/10/2019) .                   

Dari kegiatan tersebut, kata Panglima, diharapkan bela negara ini bisa tertanamkan kedisiplinan serta menyadarkan tentang pentingnya cinta tanah air dan jiwa nasionalisme. Para pelajar sekolah menengah pertama tersebut diberikan ceramah pemahaman wawasan kebangsaan hingga pemahaman UUD 1945.                                                               

Panglima Kolinlamil mengapresiasi kegiatan ini dan kembali menegaskan kepada seluruh staf keberadaan Kolinlamil, selain melaksanakan tugas sebagai bagian dari alat pertahanan negara di laut, juga dapat memberikan manfaat yang dapat menyentuh masyarakat.

Tujuan dari kegiatan bela Negara, kata Panglima, pada dasarnya adalah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara serta memiliki jiwa nasionalisme.                                               

Sementara itu, Aspotmar Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi menjelaskan program pelatihan dan pembekalan khusus bela negara kepada para pelajar ini cukup penting. Sebab lingkungan sekolah dinilai sebagai salah satu upaya dalam membangun karakter pelajar, mulai sejak dini, hingga beranjak dewasa agar berguna saat nantinya berada di lingkungan masyarakat.

"Pembekalan ini digelar untuk membangkitkan rasa cinta kepada tanah air di dalam diri para pelajar. Sejumlah pelajar mengaku, pembekalan dan pelatihan bela negara ini sangat penting. Sebab, selain bisa mengerti tujuan bela negara. Pelajar juga bisa memiliki jiwa dengan menghargai dan mencintai tanah air. Selain itu, juga siap mengawal bela negara selama di lingkungan sekolah," tutur Hari.                                  

Pembekalan bela negara ini, kata Hari, nantinya akan terus dilaksanakan oleh Spotmar Kolinlamil sebagai bagian dari pembinaan ketahanan wilayah khususnya untuk memberikan penanaman kepada pelajar tentang kemaritiman. (dade)

Post a Comment

0 Comments