Gubernur WH: Karakter ASN Harus Sebagai Abdi Negara Dan Pelayan Rakyat

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (tengah).
(Foto: Istimewa)




NET -  Gubernur Banten H. Wahidin mengatakan, “Mandat kekuasaan itu dari rakyat. Kita bukan pemilik. Kita adalah pekerja, kita pegawai."

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan hal itu pada Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2019 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Banten, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Senin (21/10/2019).

"Yang paling penting, rasa bersyukur itu kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap perilaku etika kita," tutur Gubernur.

Gubernur menyampaikan materi “Karakter PNS Menuju World Class Bureaucracy dengan integritas, profesional, inovatif, dan peduli”.

Karakter aparatur sipil negara (ASN), kata Gubernur, sebagai abdi negara, sebagai pelayan rakyat. 

"Yang harus kita tekankan sikap jujur dan amanah. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan. Itu yang harus kita syukuri," ungkap Gubernur.

Gubernur pun mengisahkan rasa syukurnya atas kesempatan yang diperoleh. Sejak sekolah hingga kuliah berjalan kaki dan naik bus. Termasuk saat menjabat mulai dari menjadi kepala desa, camat, kepala bagian, kepala dinas, asisten daerah, sekretaris daerah, walikota anggota dewan, gubernur, hingga menjadi ketua RW dan Karang Taruna.

"Persoalan kita sekarang konsumtif, belum produktif. Negara lain ke sini untuk jualan bukan untuk investasi," ungkapnya.

Revolusi 4.0, menurut Gubernur, membutuhkan orang yang inovatif. Perubahan masyarakat tergantung pada karakter dan moralitas.

Gubernur memapaparkan capaian pembangunan jalan, revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten Lama, pendidikan, kesehatan, hingga pertanian di Provinsi Banten. Capaian pembangunan Pemprov Banten tidak ada tujuan untuk mengambil alih peran bupati dan walikota. Gubernur, hanya melakukan terobosan.

"Saya wakafkan diri saya untuk Banten karena cinta kita pada Banten. Karena itu amaliah kita untuk khusnul khotimah," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Banten Endrawati melaporkan Latsar CPNS golongan 2 dan 3 gelombang ke-7 diikuti oleh 230 orang.

Turut hadir sekretariat KPU Prpvinsi Banten, BKD kabupaten/ kota, tokoh masyarakat, dan tamu undangan. (*/pur)



Post a Comment

0 Comments