Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

"Menjamin Keselamatan Bisnis Kargo Tidak Terbakar"

Kepanikan warga di area Kargo saat terjadi "kebkaran".
(Foto: Istimewa)



NET - Pelatihan kebakaran kepada seluruh pihak terkait yang menjadi relawan di gedung Terminal  Kargo dalam mencegah dan penanggulangan bahaya kebakaran dilaksanakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada Selasa (10/9/2019).

Diskrenariokan, musibah kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Dengan digelarnya pelatihan kepada para relawan ini dapat memberikan pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangannya, sehingga dapat meminimalisir risiko kebakaran, kerugian materi atau pun korban jiwa.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan kegiatan latihan bersama seluruh relawan yang ada di gedung Terminal Kargo tersebut kali ini bertajuk ‘Menjamin Keselamatan Bisnis Kargo’.

“Kegiatan sebelumnya biasanya dilakukan di Terminal 1, 2, dan 3. Kali ini, kami menggelarnya di Kargo sebagai langkah strategis kami agar seluruh pihak, mulai dari pegawai, mitra usaha dan mitra lingkungan dapat memiliki tanggung jawab bersama. Sebab, kebakaran bukan hanya tanggung jawab petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PK-PPK) saja,” jelas Febri kepada wartawan, Selasa (10/9/2019). 

Tentunya, kata Febri, dengan melatih dan memelihara serta meningkatkan kemampuan komunitas di gedung Terminal Kargo dalam upaya pencegahan serta respons cepat untuk melakukan tindakan awal pemadaman kebakaran dapat mengurangi akibat dari kebakaran.

“Kita dapat ketahui bersama, jika terjadi kebakaran akan mengakibatkan tidak bisa bekerja, kerusakan peralatan kerja, hilangnya dokumen penting. Bahkan risiko terburuk adalah kemungkinan adanya korban jiwa. Sehingga para relawan ini ketika melihat atau menghirup sesuatu yang mencurigakan dapat terjadinya kebakaran dapat melakukan tindakan awal seraya menghubungi petugas PK-PPK,” terangnya.

Selain 80 peserta relawan di Terminal Kargo , kata Febri, turut dilibatkan seluruh entitas yang beraktivitas di  Terminal Kargo seperti Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta. 

Latihan barisan relawan ini merupakan kegiatan simulasi yang dipayungi sejumlah Undang-Undang (UU), di antaranya UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/100/XI/1985, tentang Peraturan dan Tata Tertib Bandar Udara.

“Hari ini merupakan penyempurnaan latihan untuk relawan setelah sebelumnya mereka kami perkenalkan dengan perlengkapan hydrant, penggunaan hydrant sehingga kita semua dapat menjamin keselamatan dalam berbisnis di Terminal Kargo,” terangnya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments