KRI Banda Aceh 593 Berlayar Kembali Mendukung Operasi Serpas Negara Kesatuan RI-Papua Nugini

Baca Juga

(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)
NET - KRI Banda Aceh 593 siap berlayar kembali mendukung operasi Serpas (pergeseran pasukan) Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Perbatasan (sektor utara) Negara Kesatuan Republik Indonesia - Papua Nugini. 

KRI Banda Aceh 593 rencana berangkat dari Jayapura-Makassar-Jakarta, pada hari Selasa, (20/8/2019) dengan mengangkut personel 895 dari Batalyon Cilodong Jakarta 328 dan Batalyon dari Makassar 725, material Yonif 328/Dirgahayu serta Yonif 725/Woroagi yang selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini selama 9 bulan.                                                              
Proses embarkasi material mulai dilaksanakan pada hari Minggu (18/8/2019) lalu, baik berupa kendaran perlengkapan perorangan maupun obat-obatan. Sedangkan embarka personel  mrnyusul pada direncanakan selasa, dengan tujuan untuk  memberi kesempatan kepada seluruh prajurit melaksanakan serah terima dengan Batalyon pengganti.                        

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. berpesan  kepada Komandan KRI BAC 593, agar dalam melaksanakan kegiatan operasi selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan personel serta material, baik prajurit KRI maupun Pasukan yang diangkut.   
                                                   
 "KRI Banda Aceh, kapal perang kebanggaan Kolinlamil, dengan frekuensi operasi sangat tinggi. Untuk itu, pelihara terus profesionalisme sebagai prajurit matra laut," kata  Panglima kepada Komandan KRI. 

Komandan KRI BAC-593, Letkol Laut (P) Ali Setiandy., M.M., M.Tr (Han), menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan dukungan operasi tersebut.  "Secara umum kondisi tekhnis kapal dalam keadaan siap, sistem Sewaco (sensor weapon and command) serta permesinan siap mendukung operasi pergeseran personel dan material satgas Pamtas RI-PNG," kata Heru.  

Sesuai tugas pokok dan fungsinya KRI Banda Aceh 593 merupakan salah satu kapal jenis LPD produksi dalam negeri di bawah binaan Kolinlamil khususnya Satuan Operasi Satlinlamil Jakarta yang sangat aktif dalam melaksanakan tugas operasi, baik di dalam maupun di luar negeri pada Operasi Militer Perang  (OPM) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). (dade)

Post a Comment

0 Comments