DI HUT RI, Pemkab Tangerang Berinovasi Bayar PBB lewat E-Commerce

Baca Juga

(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com)


NET - Untuk memudahkan mayarakat dalam melakukan kewajibannya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemda Kabupaten Tangerang berinovasi melakukan pembayaran PBB  dengan sistem digitalisasi berbasis e" commerce Buka Lapak dan Tokopedia.

Sistem tersebut diluncurkan oleh Pemda Kabupaten Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) kabupaten Tangerang, bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 74, di Lapangan Maulana Yudha Negara Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, di Tigaraksa,  Sabtu (17/8/2019)

Menurut Bupati Tangerang,  Achmed Zaki Iskandar, inovasi itu dilakukan, selain untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kewajibannya membayar PBB,  juga untuk menghadapi tantangan industri 4.0. dalam upaya peningkatan pelayanan kepada  masyarakat.

"Ini selaras dengan tema HUT RI  ke 74, yaitu sumber daya masyarakat (SDM) unggul, Indonessia maju,"' kata Bupati.

Karena, katanya,  dengan pemanfaatan teknologi informasi, tentu dapat membuka wawasan masyarakat agar lebih cerdas. Dan bertepatan dengan HUT RI ini, masyarakat juga sudah bisa membayar PBB melalui genggaman atau telphone seluler.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, dengan sistem pembayaran PBB  yang lebih mudah dan tidak perlu antri lagi, tentu
Kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya lebih tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan perolehan PAD Kabupaten Tangerang akan meningkat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja mengatakan, kemudahan pelayanan pembayaran PBB melalui Tokopedia dan Bukalapak, merupakan langkah untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sehingga, katanya, para wajib pajak tidak perlu lagi antre atau datang ke Bank Jabar Banten (BJB) hanya untuk membayar PBB. Cukup membuka aplikasi dan memasukkan nomor objek pajak untuk bertranskasi. ' Ujicoba ini sudah kami lakukan sejak 25 Juli lalu. Dan hasil traksasinya luar biasa, yaitu mencapai Rp 2 milair,'' kata Soma sembari mengingatkan kepada para wajib pajak agar membayar pajak sebelum jatuh tempo pada 31 Agustus. Tujuannya tidak lain untuk menghindari dari tilang pajak.(Man)

Post a Comment

0 Comments