Koarmada I Laksanakan Refreshing Materi Kesehatan, Pertolongan Korban Di Air

Baca Juga

Pertolongan terhadap korban di air
dilakukan oleh peserta refresing.
(Foto: Istimewa)

 

NET -  Guna dukungan kesehatan (Dukkes) Navy Open Water Sport Tournament Tahun 2019, Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada I melaksanakan kegiatan refreshing materi kesehatan berupa pertolongan korban di air, di perairan Dermaga Sunda, Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Jumat (12/7/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri mengatakan Navy Open Water Sports Tournament Tahun 2019 merupakan olahraga perairan yang diikuti para atlet dari Kotama-Kotama TNI AL serta atlet dari masyarakat umum seluruh Indonesia. Event tahunan TNI AL ini rencananya akan dilaksanakan pada 20 hingga 27 Juli 2019 mendatang.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, kata Gigih, dukungan kesehatan sangat vital peranannya dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan Navy Open Water Sports Tournament. Untuk mencapai semua itu, maka Tim Kesehatan melaksanakan refreshing materi kesehatan berupa pertolongan korban/atlet di air.

Dalam kegiatan itu, imbuh Gigih, disimulasikan penanganan pertolongan terhadap atlet yang mengalami heat stroke, frostbite, gigitan dan sengatan hewan, kramp/spasme serta panik yang menyebabkan tenggelam. Adapun yang dilaksanakan oleh  tim penolong adalah masuk kedalam air dengan teknik stride jump, run and plunge drive, long shallow drive atau approach stroking. Selanjutnya membawa korban ke tepi atau perahu penolong dengan menggunakan alat dan melaksanakan evaluasi tingkat kesadaran korban dan jalan nafas jika.

“Perlu melakukan tindakan resusitasi. Jika pasien telah stabil, kalau dianggap perlu akan dlakukan rujukan ke rumah sakit yang telah ditunjuk,” tutur Gigih.

Kegiatan simulasi ini disaksikan langsung oleh Kabid Kesehatan Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri, SP. PD., FINASIM., M.M., yang sehari-hari menjabat sebagai Kadiskes Koarmada I dengan didampingi oleh Kadiskes Lantamal III  Kolonel Laut (K) drg. Tavip Budi Setiawan, S.P., B.M., selaku Wakabid Kesehatan dan Letkol Laut (K) Erwanto, A.Mk., selaku penanggung jawab lapangan.

Kegiatan refreshing kesehatan ini diikuti oleh tim medis dari Rumkital dr. Mintohardjo, Rumkital Marinir Cilandak, Diskes Koarmada I, Diskes Kolinlamil, Diskes Lantamal III, Diskes Kormar, Satkes Denma Mabesal, Satkes Seskoal, Satkes Pushidrosal dan Yon Kes Marinir. (dade)


Post a Comment

0 Comments