Mudik Gratis Sepeda Motor, 1.964 Orang Diangkut Dengan Kapal

Baca Juga

Pemudik dilepas untuk naik ke dalam kapal. 
(Foto: Istimewa) 




NET - Kegiatan mudik gratis sepeda motor yang diangkut menggunakan Kapal Laut KM Dobonsolo yang dinahkodai oleh Capt Ridwan Wijayanto, tujuan Semarang, Jawa Tengah, di Terminal Penumpang Nusantarapura II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019).

Mudik gratis kendaraan roda dua dengan menggunakan KM Dobonsolo dilepas oleh Sesditjen Perhubungan Laut Arif Toha yang dihadiri oleh Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok Aminnudin, MM, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Capt Hermanta,  Direktur Lalu Lintas Laut Wisnu Handoko.

Pemudik yang diangkut sedikitnya 1.964 orang dengan rincian dewasa 1.600 orang, anak 211 orang, bayi 153 orang. Jumlah kendaraan bermotor 911 unit. Penumpang go show 183 orang, motor go show 70 unit.

Adapun rangkaian kegiatan mudik gratis tersebut adalah  kendaraan bermotor pemudik dicek bahan bakar yang tersedia di tangki kendaraan mengingat ada aturan terkait kapasitas bahan bakar yang di perbolehkan untuk di angkut menggunakan kapal laut. Pemudik melakukan verifikasi dan registrasi ulang, kendaraan pemudik diserahkan kepada petugas dari TKBM Pelabuhan Tanjung Priok untuk dinaikkan ke atas kapal.  Pemudik masuk ruang tunggu terminal penumpang terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan barang bawaan melalui mesin X Ray.

Direktur Lalu Lintas Laut Wisnu Handoko mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin setiap tahunnya dan merupakan program dari pemerintahan terhadap masyarakat dengan tujuan mengurangi kemacetan serta mengurangi angka kecelakaan di darat terutama di jalan pantura.

"Dalam kegiatan tersebut selaku penyelenggara dari Kementrian Perhubungan dan sebagai event organizer PT Cemerlang Kreasindo juga dimeriahkan oleh panggung hiburan. Kegiatan mudik gratis sepeda motor hari ini merupakan hari pertama menurut rencana akan dilaksanakan 3 kali yaitu pada 30 Mei 2019, 1 dan 3 Juni 2019," kata Wisnu.

Selama kegiatan mudik gratis berlangsung mendapatkan pengamanan dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 150 personil dipimpin oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP. Reynold EP Hutagalung  serta intansi terkait serta stakeholder.  

Dalam pelaksanaan pengamanan tersebut, kata Wisnu, personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Polwan Polres Pelabuhan Tanjung Priok memberikan imbauan kepada pemudik, dan para Polwan juga mengajak anak-anak pemudik untuk bermain bersama dan membaca buku di Taman Bacaan Kemala Polres Pelabuhan Tanjung Priok sambil menunggu kapal berangkat. (dade)

Post a Comment

0 Comments