Kwarda Banten Gelar Perkemahan Wirakarya 2019: Pipanisasi Air Bersih

Baca Juga

Peserta Perkemahan Wirakarya 2019 di Bumi
Perkemahan Cikujang, Tanjung Lesung.
(Foto: Istimewa)




NET -  Ratusan anggota pramuka dari 8 kabupaten dan kota se-Provinsi Banten menggelar Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) ke- lll tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cikujang Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, tersebut diikuti Pramuka Penegak dan Pandega, berlangsung dari 18 hingga 23 Juni mendatang.

Kegiatan bertujuan untuk mewujudkan bakti pramuka ke masyarakat secara langsung. Baik dalam bentuk bakti secara fisik, maupun berupa penyuluhan ke masyarakat. Tahun ini PWD mengambil tema "Berkarya dan berbakti menuju pramuka menginspirasi".

Ketua Kwarda Banten Mohammad Masduki mengatakan perkemahan selama 6 hari ke depan merupakan wujud langsung anggota Gerakan Pramuka dalam mengamalkan darma bakti di tengah tengah masyarakat. 

"Pramuka harus hadir di tengah tengah masyarakat, dan keberadaannya bisa dirasakan manfaatnya," ucap Masduki.

Ketua Pelaksana PWD III Asep Syaikhuddin menjelaskan selama berkemah para anggota pramuka akan membuatkan saluran air bersih untuk masyarakat sekitar. 

"Kita akan membuat pipanisasi saluran air bersih dari mata air di atas bukit hingga ke rumah rumah warga. Ya, panjangnya sekitar 600 meteran," ucap Asep.

Selain itu, anggota pramuka dan didampingi tim penyuluh akan menyosialisasikan bahaya narkotika, pemberian pupuk untuk petani, serta pembuatan bak bak sampah untuk warga.

Selain Ketua Kwarda, pembukaan kegiatan PWD III dihadiri oleh para ketua Kwarcab dari 8 kabupaten dan kota, unsur TNI, Kepolisian, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments