Kepala Kanwil Kemenag: 9.745 Calon Jemaah Banten Siap Berangkat Ke Mekkah

Baca Juga

Calon Jemaah haji mendengarkan arahan dari
Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com)




NET - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Bazari Syam menyebutkan calon Jemaah Banten 9.745 orang siap diberangkatkan ke Mekkah, Saudi Arabia, untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2019 atau 1440 H. Kloter pertama berangkat pada 8 Juli 2019 dengan jumlah 8 kloter dan 2 kloter dari Kota Tangerang.

Hal itu disampaikan oleh Bazari Syam pada acara Bimbingan Haji tingkat Kota Tangerang di Mesjid Raya Al-azhom, Jalan Satria Sudirman, Sabtu (22/6/2019). Bimbingan haji yang berlangsung selama dua hari itu dibuka oleh Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin.

Bazari Syam menjelaskan jumlah calon jemaah haji Banten ini lebih banyak ketimbang calon Jemaah DKI Jakarta. “Alhamdulillah, jumlah calon Jemaah haji Banten ini lebih banyak ketimbang dari DKI Jakarta,” tutur Bazari Syam.

Kepala Kanwil Kemenag menyebutkan agar para Jemaah mulai sekarang ini setelah semua persyaratan lengkap dan beres, enjoy saja atau santai saja. “Ini perlu saya sampaikan bahwa menjelang keberangkatan calon Jemaah haji ke Mekkah agar berfikir yang enteng-enteng saja atau enjoy saja supaya pada saat berangkatan berjalan lancar,” tutur Bazari.

Sebab, kata Bazari, kalau calon Jemaah haji banyak birfikir dan akhirnya stress akan menimbulkan risiko pada saat dilakukan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, bisa dinyatakan tidak sehat oleh dokter. Kalau dinyatakan tidak sehat, keberangkatan calon Jemaah haji bisa ditunda.

“Tentu hal itu tidak kita inginkan. Oleh karena itu, terus berdoa dan mudah-mudahan keberangkatan ke Mekkah tanpa halangan dan rintangan. Saya berharap semua calon Jemaah haji Provinsi Banten menjadi haji yang mabrur. Sampai jumpa tanggal 10 Agustus di Mekkah,” ucap Bazari.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin mengatakan Pemerintah Kota Tangerang dalam proses keberangkatan haji ikut berpartisipasi dan memfasilitasi guna memudahkan warga Kota Tangerang. Dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Tangerang 2019 telah disediakan dana sebesar Rp 2,5 miliar.

“Dana tersebut gunakan untuk memberangkatkan Jemaah haji warga Kota Tangerang dari Mesjid Raya Al-azhom sampai ke bandara. Begitu pula saat kembali ke tanah air dari Bandara ke Asrama Haji Pondok Gede, sampai ke Mesji Raya Al-azhom. Ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Tangerang terhadap warga,” urai Sachrudin. (ril)   

Post a Comment

0 Comments