Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WH: Ingin Kembalikan Kejayaan Banten, Pemerintahan Tanpa Korupsi


Gubernur Banten H. Wahidin Halim.
(Foto: Dokumentasi TangerangNet.Com)


NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) menyatakan dengan membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik secara intelektual, spiritual, dan emosional, maka pembangunan Banten akan lebih merata dirasakan oleh masyarakat. Bukan hanya membangun SDM masyarakat agar berdaya saing dalam menghadapi perkembangan zaman, pembangunan Aparatut Sipil Negera (ASN) juga menjadi hal krusial yang saat ini terus dibenahi.

"Reformasi birokrasi memang menjadi program prioritas kami. Bagaimana agar mindset ASN Pemprov ini diubah dan dibangun dari yang sebelumnya berorientasi pada kepentingan pribadi menjadi ASN yang melayani masyarakatnya. Maka, selain saya terapkan sistem open bidding, assessment, dan penempatan tugas sesuai kompetensi dan track record, ada reward untuk ASN yang memang disiplin dan mampu memenuhi target kinerja seperti pemberian tunjangan kinerja yang sesuai," tutur Gubernur di Kota Serang,  pada Rabu (15/5/2019).

Bukan hanya itu, Gubernur dengan tegas terhadap ASN yang melanggar peraturan dan ketentuan yakni dengan diberikannya sanksi ringan, sedang hingga berat. Dengan penerapan reformasi birokrasi demikian, Gubernur mengaku telah merasakan dampak positif baik dari ASN itu sendiri maupun masyarakat yang dilayaninya.

"Yang paling berat memang membangun SDM, karena kita merehabilitasi mindset SDM-nya. Kalau ASN sudah bisa mengubah dirinya menjadi ASN melayani, maka masyarakat akan berubah dengan sendirinya. Makanya, kami bangun sistem yang diharapkan dapat memotong mata rantai peluang terjadinya korupsi yang dilakukan ASN. Walau dalam perjalannya banyak tantangan, tapi saya tidak takut karena niat saya teguh ingin membangun Banten," jelasnya.

Gubernur menjelaskan untuk membangkitkan semangat anti-korupsi pada pegawainya, selama dua tahun ini terus dilakukan upaya-upaya preventif. Seperti penerapan sistem Simral dengan menggandeng Komiai Pemberantasan Korupsi (KPK), pelibatan Badan Pemeriksaan Keuangan Pembangunan (BPKP) dalam pembentukan satgas pengawasan internal, hingga pemangkasan-pemangkasan anggaran pada kegiatan yang tidak perlu.

"Makanya, mereka yang selama ini tertekan karena tidak bisa sewenang-wenang dan merasa terganggu kepentingannya, melakukan tindakan untuk menghentikan langkah kami memberantas korupsi. Saya tetap maju, karena saya ingin mengubah citra dan mengembalikan kejayaan Banten," tukasnya.

Oleh karenanya, Gubernur berharap agar masyarakat dari berbagai kalangan termasuk media massa agar dapat mendukung langkahnya untuk memberantas korupsi dan membangun Banten agar lebih maju, berdaya saing namun tetap memegang teguh nilai-nilai religiusitas yang taat dan toleran.

"Ketika kita ingin memberantas korupsi, biasanya ditinggalkan sendirian. Tapi ketika kita mau melakukan korupsi, semua berdatangan dan ikut membantu. Tapi, saya yakin masyarakat Banten tidak ingin menderita lagi karena menjadi korban dari koruptor," tegas Gubernur. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments