Rapat Pleno Terhenti Di Kota Tangerang, Tunggu PPK Cipondoh

Baca Juga

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syaelendra.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com)



NET - Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan hasil perolehan suara Pemilu 2019 di Kantor Komisi Pimilihan Umum (PKU) terhenti sejenak karena belum masuk kotak suara dari Kecamatan Cipondoh. Rapat pleno sejak Sabtu (4/5/201) dilaksanakan di lantai 3 kantor KPU Kota Tangerang Jalan Nyimas Melati, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang.

“Ya, hari ini rapat pleno kita rencanakan dimulai pukul 13:00 WIB. Sebelumya, kita mulai pagi tapi hari ini siang hari,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syaelendra kepada TangerangNet.Com, Rabu (8/5/2019).

Syaelendra mengatakan di Kecamatan Cipondoh rapat pleno  baru selesai Selasa (7/5/2019) sehingga belum bisa mengirim hasilnya ke kantor KPU Kota Tangerang. “Kita tunggu kotak suara dari Cipondoh datang dan mudah-mudahan hari ini lancar,” tutur Syaelendra.

Menurut Syaelendra, sejak dimulai rapat pleno terbuka pada Sabtu (4/5/2019) sampai dengan Selasa (7/5/2019), telah diselesaikan 12 kecamatan yang dibacakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan disaksikan dari unsur partai politik dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang. Pertama kali rapat pleno dimulai dengan Kecamatan; Benda, lalu Batuceper, Neglasari, Karang Tengah, Karawaci, Periuk, Cibodas, Jatiuwung, Larangan, Pinang, Ciledug, dan Tangerang.

Lantas kenapa Kecamatan Cipondoh telat selesainya? “Dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang, jumlah penduduk terpadat sekarang ini adalah Cipondoh. Oleh karena itu, jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara-red) pun lebih besar dibandingkan kecamatan lain,” ungkap Syaelendra.

Jumlah TPS yang ada di Kecamatan Cipondoh, kata Syaelendra, yakni 585 lokasi. Nah, jumlah ini terbesar dan terbanyak di Kota Tangerang. “Sebelumnya memang yang terbanyak itu Kecamatan Karawaci tapi sekarang Cipondoh. Jumlah TPS di Karawaci pada Pemilu 2019 ini berjumlah 534 lokasi. Jadi ada selesih 51 TPS, sehingga wajar Cipondoh agak lama,” tutur Syaelendra.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Tangerang Baihaki Arsyad menilai kinerja KPU Kota Tangerang dalam melaksanakan rapat pleno terbuka cukup bagus. “Alhamdulillah, cukup professional dan dilakukan penuh kesungguhan dan ketelitian,” ujar Baihaki.

Baihaki menjelaskan segala sesutunya sudah diselesaikan di tingkat PPK (Paniti Pemilihan Kecamatan), beres. “Saya apresiasi kerjasama baik semua pihak; KPU Kota Tangerang termasuk TNI dan Polri di tingkat PPK sehingga tidak perlu berkonflik pada rapat pleno terbuka di KPU Kota Tangerang,” ucap Baihaki. (ril)


Post a Comment

0 Comments